KEWASPADAAN Potensi Ancaman Memanfaatkan Pelaksanaan PSU, Dikerahkan 2.628 Personel Gabungan

KEWASPADAAN Potensi Ancaman Memanfaatkan Pelaksanaan PSU, Dikerahkan 2.628 Personel Gabungan

SuarIndonesia – Dikerahkan sedikitnya 2.628 Personel Gabungan Pengamanan PSU (Pemungutan Suara Ulang) Pilgub Kalsel (Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan) pada 9 Juni mendatang.

Dari itu pula, Polda Kalsel melakukan apel kesiapan di lapangan Mapolda Kalsel, Kamis (3/6/2021).

“Ribuan personel gabungan itu nantinya disebar untuk pengamanan pelaksanaan termasuk di 827 TPS yang tersebar di 7 kecamatan di 3 kabupaten/kota pelaksana PSU.

Total ada 2.628 personel yang disiapkan. Termasuk 200 personel TNI,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Karo Ops, Kombes Pol Moch. Noor Subchan.

Dijelaskan Subchan, dari hasil pengecekan seluruh personel siap untuk melaksanakan tugas-tugas. Selain itu, semua personil juga diingatkan untuk selalu bersikap netral.

“Alhamdulilah personil pengamanan TPS sehat. Dan sesuai arahan Kapolda agar mereka bersikap netral,” terangnya.

Lebih lanjut, Subchan bilang bahwa setelah pengecekan pihaknya juga akan melaksanakan apel pengaman pada 7 Juni mendatang. “Apel pengamanan nanti di Pal 21,” ujarnya.

Dikatakan, aparat siap mengamankan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen maupun penegakkan hukum, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontijensi.

Pejabat Utama Polda Kalsel menekankan kepada setiap personel Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya yaitu, menyiapkan mental dan fisik, memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini.

Tingkatkan hubungan yang baik dengan KPUD, Bawaslu serta unsur lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman yang memanfaatkan pelaksanaan PSU.

Kemudian lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan pengamanan PSU dan tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan karena mengingat situasi masih dalam Pandemi Covid-19.

“Kepada seluruh personel Polri, saya menekankan dan mengingatkan untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pengamanan PSU,” pungkas Karo Ops. (ZI)

 

 264 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: