KEWAJIBAN dari DPRD Kalsel Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Bagikan :
KEWAJIBAN dari DPRD Kalsel Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

SuarIndonesia – Keberadaan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. harus bisa dipahami masyarakat.

“Karena menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan bangsa,” ucap anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan DR H Karlie Hanafi Kalianda, SH, MH, Rabu (24/11/2021) di Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

Menurut Karlie, empat pilar kebangsaan tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda.

Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan Makmur

“Empat pilar kebangsaan ini adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” terangnya.

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini bertema “Peran Bhinneka Tunggal Ika dalam Peningkatan Persatuan dan Kesatuan”

Dilaksanakannya sosialisasi tersebut, karena DPRD Kalsel memiliki kewajiban yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 108.

Kewajiban dimaksud, antara lain memegang teguh dan mengamalkan Pancasila serta kewajiban untuk mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan NKRI. (HM)

 92 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!