DITARGET RAMPUNG Tahun Ini Pelepasan Hutan untuk Bendungan Riam Kiwa

SuarIndonesia – Tahapan pelepasan kawasan hutan yang masuk dalam lahan pembangunan Bendungan Riam Kiwa.

Ddiperkiran selesai pada tahun ini. Pasalnya upaya pelepasan sedang berproses di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel, Fatimatuzzahra, mengatakan pelepasan kawasan hutan di lokasi pembangunan waduk sepanjang 490 meter, dengan tinggi 50 meter ini tinggal menunggu proses. “Insyaallah tahun ini prosesnya rampung,” katanya.

Ia optimis proses pelepasan segera rampung, karena Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya yang menginginkannya.

“Ibu menteri yang minta segera, tapi memang harus ada proses tidak bisa langsung dilepas,” ujarnya.

Menurut wanita yang akrab disapa, Aya, itu meskipun ibu Menteri setuju melepas sebagian kawasan hutan itu, namun ada syarat-syarar yang harus dipenuhi.

Saat ini, lanjutnya, dalam proses pemenuhan syarat-syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, berharap Bendungan Riam Kiwa dapat segera dibangun.

Bangunan yang rencananya memiliki kapasitas daya tampung air 90 juta liter ini, menjadi salah satu poin penting yang sedang diperjuangkan pemprov, sebagai upaya mitigasi banjir. “Khususnya di sub DAS Martapura,” papar Hanifah.(RW)

 569 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.