DISIAPKAN Gawai Pintar jadi KTP Digital

SuarIndonesia – Saat ini pemerintah sedang merancang gawai pintar menjadi KTP digital, melalui laman identitas kependudukan digital.

Pemerintah sudah meluncurkan aplikasi tersebut, sebagai ganti atau backup KTP fisik.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Provinsi Kalsel, Zulkifli, pihaknya sudah mulai mempersiapan penerapan KTP digital.

Dikatakannya, KTP digital merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Dengan inovasi ini nantinya masyarakat dapat memanfaatkan gawai pintarnya sebagai KTP.

Ia menambahkan, jika KTP digital sudah diterapkan maka masyarakat tidak lagi perlu membawa KTP fisik, sebab legalitas KTP digital setara dengan KTP fisik.

“Di Kalsel kita baru mulai bergerak untuk persiapan penerapan KTP digital. Inovasi ini juga memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi yang memerlukan fotocopy KTP, karena nanti akan disediakan barcode untuk mentransfer informasi yang ada pada KTP digital kita,” kata Zulkifli.

Permasalahan blanko KTP – Elektronik yang sering kosong juga akan teratasi dengan hadirnya KTP digital.

Untuk membuat atau mengubah data KTP, tidak perlu menunggu blanko KTP karena sudah tersedia secara digital.

“Masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika kehabisan blanko. Selama ini masih banyak di kabupaten/kota di Kalsel yang kehabisan blanko, sehingga dibuatkan surat keterangan sementara,” tutur Zulkifli.(RW)

 538 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.