DIAPRESIASI Kalangan di Daerah, Menandakan Urgensi Pembentukan Rumah Restorative Justice

DIAPRESIASI Kalangan di Daerah, Menandakan Urgensi Pembentukan Rumah Restorative Justice

SuarIndonesia -Diapresiasi kalangan di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel), dan ini menandakan urgensi pembentukan Rumah Restorative Justice.

Secara bergilir daerah, hampir semua daerah d banua ini membentuk rumah untuk bisa berdamai dari perkara yang dihadapi, dan pada Rabu (15/62022) giliran peresmian rumah yang diberi nama ‘Wadah Saijaan’ di Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

“Wadah Saiijan” diresmikan Kajati Kalsel,  Dr. Mukri, S.H M.H didampingi Kajari Dr. Andi Irfan Syafruddin S.H.,M.H  dan Aspidum, Indah Laila S.H., M.H.

Pembentukan Rumah Restorative Justice mendapatkan apresisasi dari berbagai kalangan untuk menjawab kebutuhan sarana demi memudahkan penyelesaian perkara di luar persidangan melalui penerapan mediasi penal.

“Dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dirasakan keberadaanya oleh masyarakat sebagai tempat pelaksanaan musyawarah mufakat dan perdamaian untuk menyelesaikan masalah / perkara pidana yang terjadi,” ujarnya.

Tentunya dimediasikan oleh Jaksa dengan disaksikan para tokoh masyarakat, tokoh adat dan/atau tokoh agama setempat (mediasi penal dengan
pendekatan restorative justice).

Muaranya, tentu dapat terselesaikannya penanganan perkara secara cepat, sederhana dan biaya ringan, serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan yang tidak hanya bagi tersangka, korban dan
keluarganya.

Tetapi juga keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindarkan adanya stigma negatif terutama bagi tersangka. (ZI)

 

 65 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!