DEWAN SARANKAN Bentuk Tim sebagai Tanggung Jawab Cemaran Limbah

DEWAN SARANKAN Bentuk Tim sebagai Tanggung Jawab Cemaran Limbah

SuarIndonesia – Kondisi Sungai Kuripan yang mendangkal akibat adanya limbah lumpur dari produksi air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih membuat anggota DPRD Kota Banjarmasin angkat bicara.

Saat dikonfirmasi, anggota Komisi II di DPRD Kota Banjarmasin, Awan Subarkah mengaku baru mengetahui kondisi tersebut dari media sosial dan ramainya pemberitaan media.

Ia menilai, selain memikirkan jangka panjang penanganan, satu-satunya perusahaan penghasil air bersih di Kota Baiman ini juga harus ada penanganan jangka pendek.

Hal itu dikarenakan adanya kekhawatiran terjadinya pencemaran yang lebih parah lantaran terlalu lama didiamkan.

“Sebagai bukti dan tanggung jawab, pihak PDAM Bandarmasih mestinya harus menurunkan tim untuk bergotong royong bersama warga, membersihkan luberan limbah di sungai itu,” ucapnya, ketika dihubungi awak media melalui sambungan telepon Kamis (22/07/2021) petang.

Di sisi lain, pria dengan sapaan Awan itu mengatakan, persoalan limbah ini tentunya juga perlu dievaluasi. Apakah lantaran tidak maksimalnya penanganan, atau lain sebagainya.

“Jadi solusinya dicari bersama-sama. Karena pada prinsipnya, jangan sampai produksi itu justru menimbulkan terjadinya pencemaran sungai,” tambahnya.

Lebih lanjut, bila ingin bisa segera cepat ditangani, PDAM menurutnya bisa membuat perencanaan yang dipresentasikan ke Pemko Banjarmasin dan pihaknya di DPRD Kota Banjarmasin.

Selain itu, ia juga menyarankan pihak PDAM melakukan lobi-lobi bantuan ke pemerintah pusat.

Saat ditanya harapan pihak PDAM yang merasa perlu adanya penyertaan modal hingga bisa melakukan penanganan. Awan berkomitmen bahwa DPRD Kalsel siap membantu, khususnya dalam hal perubahan status PDAM menjadi Perseroda. (SU)

 248 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: