DAMPAK Covid-19 Laka Lantas di Kalsel Menurun dan Personel Turut Tertibkan Prokes

DAMPAK Covid-19 Laka Lantas di Kalsel Menurun dan Personel Turut Tertibkan Prokes

SuarIndonesia – Satu sisi dari dampak Covid-19, angka Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di Kalimantan Selatan (Kalsel) menurun.

Meskipun untuk angka kasus Covid sendiri selalu ada peningkatan.,” Di sini satu sisi penuntaskan penyebaran virus Corona.

Dengan banyak warga diam di rumah, berdampak pula penuruan angka kecalakaan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Andi Azis Nizar kepada wartawan.

Dari keterangan, kasus-kasus itu menjadi atensi jajaran Dit Lantas, dan turut dalam tim maupun secara person saat bertugas di jalan raya mensosialisasikan, menertibkan serta mendisplikan masyaratakat masalah protokol kesehatan (prokes).”

“Iya utamanya harus mengejkan masker saat berkendara,” ucap Kombes Pol Andi Azis Nizar.

Selama ini katanya penggendara, utamanya roda empat saat berjalan digunakan dan saat mengemudikan dilepas. Kemudian ditanya soal data angka kelcakaan tersebut.

Andi Azis mengatakan perbandingan Tahun 2020 dari data serta hasil evakuasi bulan September dibandingkan di Tahun 2020, jauh ada penurunan.

“Dana penurunan angka kecelakaan sangat signifikan yakni 40 persen, kalau dibanding tahun lalu,” tambahnya.

Tahun 2019 tercatat angka kecelakaan sebanyak 806 kasus dan di Tahun 2020, hingga Agustus  hanya 391 kasus.

Korban meninggal dunia di 2019 terdata 383 kasus dan di tahun 2020, hanya 181 kasus. Korban luka berat 118 kasus pada tahun 2019, dan untuk 2020 ini 66 kasus.

“Kita berharap angka kecelakaan  tiap tahunnya terus menurun, tak hanya terjadi karena adanya wabah Corona ini,” pungkas Kombes Pol Andi Azis Nizar. (ZI)

 186 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: