BNPB Bantu Biayai Relawan Karhutla di Kalsel

BNPB Bantu Biayai Relawan Karhutla di Kalsel

SuarIndonesia – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyokong pembiayaan operasional relawan karhutla di Kalsel.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Mujiyat, menyampaikan bantuan anggaran dari BNPB untuk merekrut relawan sangat membantu pemerintah daerah dalam penanganan karhutla.

“Pemerintah pusat sudah menyodorkan komposisi relawan yang direkrut, yakni 600 berasal dari masyarakat, 200 TNI, 100 Polri, dan 100 dari SKPD terkait. Seperti BPBD, Dinas Kehutanan, dan Dinas Pertanian,” ucapnya, baru-baru tadi.

Dia mengungkapkan, selain membantu menangani karhutla, anggaran juga bisa untuk menolong masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Misal masyarakat yang kehilangan pekerjaan bisa direkrut jadi relawan dan bisa menerima honor Rp145 ribu per hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) BNPB untuk penanganan Karhutla di Kalsel, Kol (Purn) Andreas, mengatakan seribu relawan yang direkrut berasal dari TNI, Polri, SKPD terkait dan masyarakat.

“Paling banyak dari masyarakat, ada 600 yang direkrut untuk jadi relawan karhutla,” katanya.

Dia mengungkapkan, masyarakat lebih banyak dilibatkan karena bantuan anggaran dari BNPB juga dikhususkan untuk membantu meningkatkan perekonomian.

“Di samping menangani karhutla, kita juga bisa membantu ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan merekrut mereka sebagai relawan,” ungkapnya.

Relawan karhutla diberi uang makan dan uang lelah sekitar Rp145 ribu per hari selama lima bulan. “Mereka bekerja sejak Juli sampai November nanti,” katanya.(RW)

 135 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: