Baggott Diinginkan PSSI Tetap di Timnas U-19

Baggott Diinginkan PSSI Tetap di Timnas U-19
Elkan Baggott saat mengikuti TC bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

SuarIndonesia – Waktu pemain muda Ipswich Town Elkan Baggott mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 telah habis pada 8 Agustus. PSSI kini meminta waktu tambahan dan berharap Baggott tetap bersama tim Garuda Nusantara.

Ketua Komite Tetap Timnas Indonesia Endri Erawan mengungkapkan seluruh pemain termasuk Baggott semula dijadwalkan mengikuti TC mulai 23 Juli sampai 8 Agustus. Namun, agenda TC Timnas Indonesia molor dua kali.

Dari rencana digelar pada 23 Juli, TC Timnas Indonesia baru dimulai pada 8 Agustus. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan penundaan itu dikarenakan menunggu hasil tes swab covid-19 dari pemain yang belum sepenuhnya selesai.

“Semua pemain kan awalnya dipanggil untuk TC sampai tanggal 8 [Agustus]. Semua akan diperpanjang. Kalau lokal Insya Allah tidak ada masalah. Tapi yang dari luar negeri seperti Baggott, Egy [Maulana Vikri] dan Witan [Sulaeman] ini yang mau diusahakan diperpanjang,” kata Endri Senin (10/8/2020), dilansir dari CNNIndonesia.

Khusus Baggott, PSSI berkeinginan agar pemain 17 tahun itu tetap bisa bersama Timnas Indonesia U-19 sampai ke Piala Asia U-19 di Uzbekistan 14-31 Oktober mendatang. Kendati demikian, Endri menyadari keinginan itu sulit diwujudkan.

“Kami buat surat permohonan perpanjangan Baggott di Timnas. Diterima atau tidak, tergantung tanggapan klubnya. Suratnya sudah dikirim hari ini melalui kesekjenan,” ujarnya.

Jika Ipswich tidak bisa melepas Baggott sekarang, Endri berharap pemain berpostur 196 cm itu bisa bergabung ketika Timnas Indonesia U-19 melakukan TC ke luar negeri. Entah itu di Korea Selatan maupun di negara Eropa, seperti Belanda, Jerman atau Prancis.

“Kalau klub mengizinkan dia bisa menyusul ke Eropa atau Korea. Rencananya [TC di luar negeri] berangkat akhir bulan ini [Agustus] atau lebih cepat lebih baik. Minggu ini semua mengurus visa buat ke Korea dan Schengen,” jelas Endri.

Terkait Egy yang kini bergabung dengan Timnas Indonesia senior, Endri mengatakan juga masih bernegosiasi dengan Lechia Gdansk. Seperti diketahui Ekstraklasa saat ini juga belum dimulai.

“Kalau tidak bisa juga, nanti kalau ada panggilan jelang pertandingan ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan kami panggil lagi,” sebutnya.(RA)

 157 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: