TUJUAN Ibadah Haji Bukanlah Sekedar Ingin Mendapatkan Titel

SuarIndonesia – Dzulhijah merupakan bulan kedua belas dan terakhir dalam penanggalan hijriyah.

Bagi umat Islam bulan dzulhijjah sangat agung, Karena di dalam bulan tersebut terdapat pengerjaan rukun Islam yang ke lima yakni ibadah haji yang hanya bisa dilaksanakan di bulan Dzulhijjah ini

Kaum Muslimin sepatutnya menyambut kedatangan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah memiliki keutamaan dan kemuliaan yang besar.

Disebutkan dalam sebuah ayat dalam Al Quran yang artinya : “Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS. Al Fajr (89): 1-2). Maka, amal-amal shalih apa pun bisa kita lakukan antara tanggal satu hingga sepuluh Dzulhijjah tersebut antara lain dengan banyak bersedekah, shalat sunnah, shaum (puasa) ‘kecuali pada tanggal sepuluh Dzulhijjah’,

Hal ini dikarenakan Allah Ta’ala telah menjadikan hari-hari pertama bulan Dzulhijjah sebagai “musim kebaikan” baik bagi para jamaah haji (yang sedang menunaikan ibadah haji) maupun bagi yang sedang tidak melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Islam dibangun atas 5 perkara” di antaranya “berhaji ke baitullah” (HR Bukhari dan Muslim).

Tuan guru H. Mohammad Mubarak menjelaskan Ibadah haji menunjukkan pengorbanan seorang hamba, dengan fisiknya, hartanya, waktunya.

Maka tujuan terbesar ibadah haji bukanlah berwisata ataupun sekedar ingin mendapatkan titel “haji” di depan namanya, akan tetapi untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan ampunanNya.

“Sekembalinya seseorang dari menunaikan ibadah haji dan mendapatkan pahala kebaikan haji mabrur, dan kondisinya menjadi lebih baik dari sebelum berhaji, lebih merasakan nikmatnya beribadah, lebih dermawan, lebih mantap dalam akidahnya dan bertambah kebaikan-kebaikan lainnya,” katanya

Lanjutnya, termasuk di dalamnya adalah dengan menjalankan puasa sunnah Arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah,

“Karena kebaikan pahala ketika melaksanakan Puasa Hari Arafah pada Dzulhijjah adalah Menghapuskan dosa tahun lalu dan tahun kemudian,” ujarnya (HM)

 135 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!