TIGA PEMAIN Ditentukan Tae-yong untuk Jadi Kapten Timnas U-19 Indonesia

TIGA PEMAIN Ditentukan Tae-yong untuk Jadi Kapten Timnas U-19 Indonesia
Pratama Arhan Alief, pemain timnas u-19 Indonesia.(Foto/Dok.PSSI)

SuarIndonesia -Shin Tae-yong telah menentukan 3 pemain untuk menjadi kapten timnas U-19 Indonesia.

Timnas U-19 Indonesia telah menjalani 10 laga ujicoba selama di Kroasia sejak 30 Agustus 2020.

Fase pertama pemusatan latihan (TC) di Kroasia berlangsung pada sepanjang September 2020, di mana timnas U-19 Indonesia menjalani 7 pertandingan.

Pasukan Shin Tae-yong berhasil memnangi 2 laga yakni melawan Qatar (2-1) dan Dinamo Zagreb (1-0).

Dua laga berakhir imbang yakni melawan Arab Saudi (3-3) dan Qatar (1-1), sementara timnas U-19 Indonesia juga mengalami kekalahan sebanyak 3 kali, yaitu melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7) dan Bosnia-Herzegovina (0-1).

Pemusatan latihan berlanjut di bulan Oktober.

Timnas dijadwalkan menjalani 6 laga ujicoba.

Sejauh ini, Garuda Nusantara sudah melakoni 3 laga ujicoba selama Oktober yakni melawan NK Dugopolje (menang 3-0), dan dua kali lawan Makedonia Utara (menang 4-1 dan imbang 0-0).

Selama 10 laga tersebut, Shin Tae-yong mempercayakan ban kapten kepada 3 pemain.

Mereka adalah David Maulana, Rizky Ridho dan Pratama Arhan.

David Maulana memang memiliki pengalaman menjadi kapten saat ia berada di skuat timnas U-16 Indonesia 2018 lalu di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Pemain Persebaya Surabaya, Rizky Ridho saat berlatih di lapangan Centar Za Sport i Rekreaciju, Kroasia dalam sesi pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia.

Pemain Persebaya Surabaya, Rizky Ridho saat berlatih di lapangan Centar Za Sport i Rekreaciju, Kroasia dalam sesi pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia. (Media PSSI)

Sementara Rizky Ridho pernah menjadi kapten di Timnas U-18 Indonesia saat Piala AFF U-18 2019, juga dibesut oleh Fakhri Husaini.

Sedangkan Pratama Arhan belum memiliki pengalaman apa-apa menjadi kapten timnas Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu baru saja menjelaskan jabatan kapten yang ada di skuatnya pasa-laga melawan Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020).

Pada laga tersebut, Shin Tae-yong menunjuk Pratama Arhan sebagai kapten karena baik David Maulana dan Rizky Ridho tidak masuk ke starting XI.

“Sebenarnya kapten adalah David Maulana dan untuk wakil kapten ada Rizky Ridho serta Pratama Arhan,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip oleh BolaSport.com dari YouTube PSSI, 15 Oktober 2020.

“Karena David dan Ridho tidak jadi starter (pada laga kedua timnas U-19 Indonesia versus timnas U-19 Makedonia Utara), maka kaptennya Arhan,” tambahnya.

Sementara itu, Pratama Arhan mengaku berterima kasih kepada Shin Tae-yong karena telah ditunjuk Shin Tae-yong menjadi kapten dalam laga lawan Makedonia Utara.

“Alhamdulillah saya tadi dipercaya pelatih menjadi kapten,” kata Pratama Arhan dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

“Tentu saya harus selalu bermain baik dan maksimal.”

“Ya, kapten kan sudah ditentukan dari TC sebelumnya (bulan September di Kroasia). Sudah ditentukan kapten utama David Maulana, wakil ada saya sama (Rizky) Ridho,” tambahnya.

Menurut bek PSIS itu, salah satu hal yang harus ditonjolkan saat menjadi kapten adalah tanggung jawab ketika berada di lapangan.

“Tanggung jawab ya, sebagai kapten harus memimpin teman-teman jangan sampai kita emosi sendiri.”

“Saya juga harus meredakan emosi teman-teman,” ujarnya.

Timnas U-19 Indonesia masih menyisakan 3 laga ujicoba lagi selama Oktober 2020.

Pasukan Garuda Nusantara akan dua kali melawan Bosnia-Herzegovina pada 20 dan 23 Oktober 2020 mendatang.

Serta satu laga lagi timnas U-19 Indonesia juga akan melakukan latih tanding pada 26 oktober, namun belum diketahui siapa lawannya.(BolaSport/RA)

 124 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: