SATGAS SAR Gabungan Pangkalan TNI AL Menyasar ke Daerah Terisolir di Batola

SATGAS SAR Gabungan Pangkalan TNI AL Menyasar ke Daerah Terisolir di Batola

SuarIndonesia–  Tim Satgas SAR Gabungan TNI AL Banjarmasin menyasar daerah terisolir yang sulit dijangkau mendistribusikan bantuan kepada masyarakat terdampak musibah banjir di Provinisi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (21/1/2021).

Tim beranggotakan gabungan dari Prajurit Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada II, Penyelam TNI AL (Dislambair) Koarmada II dan Marinir menyasar kecamatan Alalak, Kecamatan Mandastana dan Tatah Halayung, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Berdasarkan informasi dari warga setempat daerah tersebut sulit mendapatkan bantuan karena berada di perbatasan antara Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala serta akses yang terputus akibat meluapnya air.

Di tengah perjalanan menuju lokasi, tim dimintai tolong tim relawan untuk membawa dan mendistribusikan bantuan yang mereka bawa karena mereka mengaku kendaraan yang mereka bawa tidak sanggup untuk mengangkut bahan bantuan tersebut ke lokasi akibat terputusnya akses jalan darat.

Saat berada di lokasi, Tim berhasil mengevakuasi Balita yang akan dibawa orang tuanya mengungsi ke posko di Semangat Dalam, Kecamatan Alalak.

Orang tua bayi tersebut mengaku tidak berani bila membawa bayinya naik jukung karena takut terbalik bila terkena ombak.
Selanjutnya Tim menyusuri sungai dan mendistribusikan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak di Kecamatan Mandastana dan Tatah Haliyung.

Selain mendistribusikan bantuan juga memberikan layanan kesehatan dengan membawa personel kesehatan dari Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Banjarmasin.

Menurut Serda Apm David, personel kesehatan yang bertugas saat itu “Sebagian besar warga mengeluhkan sakit gatal-gatal akibat kutu air, demam, batuk dan diare,”.

Ke depan akan membawa lebih banyak personel kesehatan, dokter dan obat-obatan ke wilayah tersebut,” ucapnya. (ZI)

 175 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: