RESMI! Hadi Rahman Pegang Komando Ombudsman Kalsel

RESMI! Hadi Rahman Pegang Komando Ombudsman Kalsel

SuarIndonesia – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih, Hadi Rahman menjalani Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilakukan secara luring di Aula Kantor Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Senin (11/01/2021).

Sertijab tersebut dilakukan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel periode 2010-2020, Noorhalis Majid kepada Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel periode 2021-2025, Hadi Rahman.

Lelaki yang memiliki banyak prestasi itu menggantikan Noorhalis Majid yang sebelumnya menjabat Ketua Ombudsman RI Kalsel selama 2 periode.

Hadi Rahman dilantik langsung oleh Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty, Senin (4/1/2021) kemarin, di Jakarta.

“Alhamdulillah, kemarin baru dilantik di Jakarta,” ucap Hadi Rahman kepada Selasa (5/1/2021) malam kepada awak media melalui sambungan pesan singkat.

Hadi Rahman resmi mengemban amanah baru sebagai Ketua Ombudsman RI Kalsel setelah berhasil melewati 4 tahapan seleksi.

Di antaranya seleksi administrasi, ujian tertulis dan penulisan makalah, profile assessment, dan wawancara akhir oleh Ombudsman RI.

“Kemarin ada 4 tahapan seleksi yang harus dilalui,” katanya.

Ia menceritakan, saat prosesi pelantikan, Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty menyampaikan sejumlah pesan.

Pertama, pelantikan dan pengangkatan sumpah ini jangan hanya dilihat sebagai prosesi formal semata.Akan tetapi, harus dimaknai sebagai komitmen atas tanggung jawab yang diemban.

Kedua, waktu yang singkat ini harus digunakan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebaik-baiknya, serta menyesuaikan dengan ritme kerja di lingkungan Ombudsman RI.

“Ketiga, pergantian kepala perwakilan adalah hal yang lumrah terjadi sebagai bagian dari proses berkelanjutan dalam pengembangan organisasi dan sumber daya manusia (SDM),” tambahnya.

Selain itu, Lely meminta Kepala Perwakilan yang baru agar dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan aspek integritas, profesionalisme, etika publik dan kepemimpinan.

Dalam waktu dekat, ia mengaku akan berfokus terhadap 3 hal terlebih dahulu, di antaranya konsolidasi, edukasi dan kolaborasi.

“Tentu 3 hal tadi sebenarnya bersifat ringkasan yang menyesuaikan dengan visi dan misi Ombudsman RI secara kelembagaan, sekaligus meneruskan hal-hal positif yang sudah dilakukan Pak Noorchalis Majid selaku kepala perwakilan sebelumnya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dan penyerahan memori akhir masa jabatan dari Kepala Perwakilan sebelumnya kepada Kepala Perwakilan baru disaksikan secara langsung (luring) oleh Anggota Ombudsman RI, Ahmad Suadi, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalsel, perwakilan Kanwil ATR/BPN Provinsi Kalsel, Universitas Lambung Mangkurat, UIN Antasari Banjarmasin, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Acara ini juga dihadiri secara daring oleh Gubernur Kalsel, jajaran Forkopimda Kalsel, para Bupati dan Walikota se-Provinsi Kalsel, para pimpinan instansi vertikal, dan pimpinan awak media di wilayah Provinsi Kalsel, guna penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Noorhalis Majid telah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel selama 1 dekade (2 periode kepemimpinan) sejak tahun 2010-2020.

Sementara itu Hadi Rahman yang resmi tahun ini memulai karir di Ombudsman RI sebagai Kepala Perwakilan Kalsel untuk periode 2021 hingga 2025 (5 tahun), sebelumnya memiliki pengalaman di bidang perbankan.

Sebelumnya Hadi Rahman yang pernah berkarir di Bank Kalsel ini harus melalui empat tahapan hingga terpilih menjadi Kaper ORI di Kalsel.

Mulai dari administrasi, ujian tertulis plus penulisan makalah, profile assessment, dan wawancara akhir dengan pimpinan ORI.

Berdasar data yang dihimpun, ada sekitar 17 orang yang mendaftar dan yang lulus administrasi ada 14 orang. Hingga akhirnya tim panel Ombudsman RI memunculkan nama Hadi Rahman, terpilih sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalsel periode 2021-2025, menggantikan Noorhalis Majid.

Nama Hadi Rahman, muncul dari surat pengumuman tim seleksi kepala perwakilan Ombudsman RI, nomor 26 tahun 2020, tentang hasil akhir seleksi calon kepala perwakilan Ombudsman RI tahun 2020. Di sana diumumkan sejumlah nama, termasuk dari Kalsel.

Hal itu Berdasarkan Keputusan Tim Seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 290 Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020 tentang Penetapan Hasil Akhir Seleksi Calon Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2020 dan Keputusan Rapat Pleno Ombudsman Republik Indonesia Nomor 52/ORI-RP/XII/2020 Tanggal 21 Desember 2020.(SU)

 185 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: