PEMKO-FKUB Banjarmasin Ikut Wujudkan Kondusifitas Jelang Pemilu Serentak

SuarIndonesia – Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengikuti webinar tentang pemberdayaan FKUB dalam rangka mendukung sukses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bertempat di Banjarmasin Command Center, Balai Kota Banjarmasin, Senin 9/1/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, serta diikuti secara daring oleh Plt Kepala Badan Kesbangpol, Dr Machli Riyadi, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Drs Dolly Syahbana serta SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ikhsan Budiman menyampaikan, tujuan webinar tersebut dalam rangka antisipasi terhadap kerawanan konflik, menjelang kegiatan Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan di masing-masing daerah.

“Ya, antisipasi Ini adalah baik itu terhadap kerawanan konflik antar masyarakat, penyebaran hoax yang diprediksi akan meningkat seiring dengan penyelenggaraan kegiatan politik di daerah, seperti halnya Pilkada pada tahun sebelumnya banyak beredar mengenai hoaks,” ucap Ikhsan Budiman.

PEMKO-FKUB Banjarmasin Ikut Wujudkan Kondusifitas Jelang Pemilu Serentak

Sementara itu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar mengatakan, hal demikian perlu diantisipasi sejak dini, pihaknya melalui webinar tersebut mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas.

Disisi lain, menurutnya, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang mana merupakan memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia juga turut aktif menjaga kondusifitas suasana menjelang Pemilu serentak mendatang.

Baca Juga :
DPW PPP KALSEL Nyatakan Telah Banyak Dipersiapkan Menghadapi Pemilu 2024

“Untuk potensi-potensi kerawanan ini, kita harus liat sebagai tantangan dan harus kita atasi bersama, karena masalah ini bukan saja berasal dari eksternal, melainkan internal,” kata Bahtiar.

“Dan tentunya ada saja masalah yang tidak bisa diatasi oleh pihak Bawaslu dan KPU. Maka dari itu, bahwa membangun pemilu yang baik, berkualitas dari sisi proses maupun hasil, tentu dibutuhkan ekosistem yang baik,” tutup Bahtiar.(SU)

 436 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!