PANTAUAN HILAL Tentukan Idul Adha, Kalsel Tertutup Awan Tebal

SuarIndonesia – Menjelang masuknya bulan Dzulhijjah 1443 H, informasi mengenai kapan Idul Adha 2022.

Seperti diketahui, penetapan Idul Adha dilakukan dengan berbagai metode, yakni hisab dan rukyat.

Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalsel melakukan pemantauan hisab rukyat awal Dzulhijjah 1443 H, di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (29/6/2022)

“Banjarmasin salah satu tempat pemantauan hilal, d Indonesia dari 86 titik,” ucap Plh Kanwil Kemenag Kalsel, Drs. H. Matnor M.Pd.

Menurutnya, dari hasil pemantauan timnya langsung, dengan menggunakan metode Rukyatul hilal, untuk Kalsel tidak menemukan hilal, karena ditutupi awan yang tebal,

“Hasil pemantauan, akan di sampaikan ke pusat, digabung dengan pemantauan daerah lain, dan dillaksanakan sidang Isbat pemerintah RI dalam hal ini Mentri Agama untuk penentuan masuknya Dzulhijjah tahun ini,” katanya

Sedangkan, PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada kamis 30 Juni 2022, dengan menggunakan metode hisab, dan Idul Adha 2022 versi Muhammadiyah jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

“Kalaupun nantinya bila ada perbedaan penetapan hari, berharap aman dan kondusif,” harapnya.

Dari hasil sidang Isbat pemerintah RI, dalam hal ini Mentri Agama, yang terpantau di layar televisi, dalam keputusannya jatuhnya 1 Dzulhijjah pada Jum’at 1 Juli 2022, sedangkan untuk Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022. (HM)

 1,557 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!