NORMALISASI SUNGAI di Banjarmasin Libatkan Semua SKPD

NORMALISASI SUNGAI di Banjarmasin Libatkan Semua SKPD

SuarIndonesia – Menjelang musim hujan dikhawatirkan wilayah yang tergolong dataran rendah akan kembali mengalami banjir.

Guna mengantisipasi itu, sejak dini warga harus waspada dan antisipasi memelihara lingkungan terutama got-got, saluran drainase dan sungai agar selalu lancar sehingga tidak tersumbat dan mengalami genangan air

Khusus di Kelurahan Kuripan Banjarmasin Timur, pada awal tahun lalu mengalami banjir tertinggi dan cukup lama. Maka dari itu, perlu diingatkan lagi kepada masyarakat yang tinggal dekat sungai agar sama-sama menjaga sungai dan tidak membuang sampah ke sungai.

“Kami juga menegaskan kepada warga di sini agar jangan membuang sampah ke sungai veteran, mengingat sungai ini sudah dangkal dan pernah terjadi banjir,” ujar Lurah Kuripan, Rusdiana.

Di Kuripan hanya ada satu sungai yakni sungai veteran. Sungai itu merupakan anak sungai martapura yang dulunya aliran sungainya dapat tembus dari Veteran depan tempekong hingga Sungai Lulut.

Seiring dengan waktu, sungai ini makin menyempit dan dangkal.
“Adanya program normalisasi sungai yang akan dilakukan pada oktober ini merupakan program ditunggu masyarakat di mana dapat mengurangi dampak banjir dan tergenang,” katanya.

Oleh karena itu juga, dengan akan dilakukan pengerukan Sungai Veteran pada oktober ini, pihaknya siap mendukung dan membantu kegiatan tersebut bersama satgas kebersihan kelurahan.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina akan melaksanakan program normalisasi sungai di Kota Banjarmasin dengan melibatkan seluruh SKPD terkait.

Program ini akan mengeruk beberapa aliran sungai, Sungai Veteran, dan sungai disepanjang Ahmad Yani, Banjarmasin.
Dalam kegiatan menjelang akhir tahun itu, selain sungai, yang menjadi sasaran untuk dilaksanakan pengerjaannya adalah perbaikan Jembatan Penghubung atau Jembatan Bangunan Gedung.

“Ada lima paket pekerjaan, kalau tidak salah di sepanjang A Yani dan juga di Jalan Veteran terkait dengan pembangunan jembatan gedungnya,” kata Ibnu Sina. (SU)

 58 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: