MANASIK JCH Kalsel Dipimpin Guru Wildan Salman

MANASIK JCH Kalsel Dipimpin Guru Wildan Salman

SuarIndonesia – Jemaah calon haji (JCH) Kalsel tahun 2022 mengikuti manasik haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kamis (9/6/2022).

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, mengaku dapat merasakan bagaimana perasaan hati dan perasaan para JCH saat ini, karena akhirnya bisa berangkat haji.

Menurut dia, musibah pandemi Covid-19 menyebabkan keberangkatan haji sampai tertunda selama 2 tahun, namun akhirnya pada 2022 ini Arab Saudi membuka lagi pelaksanaan ibadah haji.

Dengan penantian yang begitu panjang untuk berangkat ibadah haji di provinsi ini, kata Paman Birin, sapaan akrab gubernur, tentunya kesempatan bisa berangkat haji jadi nikmat tersendiri bagi JCH dengan perasaan senang dan penuh syukur.

“Daerah kita ini daerah religius, masyarakatnya dalam bekerja keinginan besarnya jangan dimatikan sebelum bisa berangkat haji,” ujarnya.

Manasik atau peragaan haji massal tingkat provinsi ini dipandu Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Quran Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, KH. Muhammad Wildan Salman.

KH. Wildan Salman menyampaikan secara terperinci kegiatan haji dari berniat baik waktu dan tempatnya, juga apa saja hal yang wajib dilaksanakan dan haram dikerjakan saat berada di tanah suci.

Guru Wildan berpesan kepada semua JCH agar mengikuti dan mengerjakan semua yang sudah dipelajari tentang ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur atau diterima Allah Subhanahu WaTaala.

Pada sisi lain, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Muhammad Tambrin, menyampaikan kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin mulai masuk asrama haji pada 11 Juni 2022 dan diberangkatkan pada 12 Juni 2022 ke Madinah.

“Kloter 1 itu JCH dari Kabupaten Tabalong, Balangan, dan Banjar,” ujarnya.(RW)

 104 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!