KPU Kalsel Coret Satu Legislator dari DCT

KPU Kalsel Coret Satu Legislator dari DCT
Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Edy Ariansyah (Foto: Robby/suarindonesia.com)

Suarindonesia – Melalui rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan resmi mengumumkan pencoretan salah satu nama dalam Daftar Calon Tetap (DCT) legislator pada Pemilu 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Ariansyah menuturkan ada satu orang legislator yang mengundurka diri atas nama Muhammad Firdaus dari Partai Solidaritas Indonesia. Alhasil, KPU Kalsel mencoret nama Firdaus dari Daftar Calon Tetap (DCT) Daerah Pemilihan II nomor urut 2 untuk kursi DPRD Kalsel.

Menurut Edy, atas pengunduran diri tersebut maka jumlah Daftar Calon Tetap (DCT) menjadi 621 orang dari sebelumnya 622 Daftar Calon Tetap (DCT). “Daftar Calon Tetap (DCT) berkurang satu orang menjadi 621 orang, karena satu orang mengundurkan diri dari partai PSI sebagai DCT,” ucap Edy Ariansyah kepada awak media selepas rapat pleno di kantor KPU Kalsel, Kamis petang (20/9/2018).

Edy menuturkan pengunduran diri Firdaus sudah disampaikan langsung oleh partai politik bersangkutan sehingga namanya tidak terdaftar lagi sebagai daftar calon tetap peserta pemilu 2019. “Yang bersangkutan ingin fokus pada wirausahanya,” cetus Edy.

Selain itu, ia berkata ada perubahan yang menyangkut penulisan nama. Pihaknya telah melakukan paraf dengan meminta persetujuan ke semua partai politik peserta pemilu 2019 terhadap tata urutan calon dan nama Daftar Calon Tetap (DCT).

Menurut Edy, beberapa nama yang terjadi kesalahan tulis gelar sudah diperbaiki, seperti salah penulisan pendidikan terakhir dan status sosial. “Termasuk pendidikan yang ada di ijazah dan gelar haji,” tandasnya.

Eddy menegaskan bahwa 621 Daftar Calon Tetap (DCT) yang tersisa bersih dari mantan narapidana koruptor, narapidana kekerasan seksual terhadap anak, dan narapidana bandar narkoba.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia Kalimantan Selatan, Yogi Pratama membenarkan satu orang anggotanya atas nama Muhammad Firdaus mengundurkan diri dari Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019. (BY)

 307 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: