KETUA KOMISI II DPRD Kalsel: Amalkan Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa

SuarIndonesia – Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo mengingatkan masyarakat untuk mengamalkan Pancasila sebagai jati diri bangsa dalam kehidupan sehari hari.

“Ini perlu diamalkan agar dapat memperkuat kecintaan terhadap tanah air,” kata Imam Suprastowo, usai Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Senin (14/11/2022).

Menurut Imam Suprastowo, penting bagi sebuah bangsa yang besar seperti Indonesia untuk mempelajari, memahami dan memegang teguh ideologi Pancasila sebagai identitas jati dirinya.

“Dengan mempelajari dan mengamalkan butir-butir Pancasila, kita dapat merasakan semangat persatuan yang diwariskan oleh para pendahulu bangsa Indonesia,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Dikatakan, Pancasila sebagai sebuah dasar negara merupakan pondasi kehidupan bermasyarakat.

“Semangat persatuan dalam keberagaman tercermin dalam tiap-tiap butirnya,” ujar Imam Suprastowo di hadapan puluhan peserta dari berbagai lintas profesi, usia dan gender itu.

Untuk memperdalam kajian sosialisasi, Imam Suprastowo memboyong Ketua Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banjarbaru, Dr Muslih Amberi dan Sekretaris Kecamatan Cempaka, Reswan Nadi sebagai narasumber.

KETUA KOMISI II DPRD Kalsel Amalkan Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa (2)

Sebagai tokoh FKUB, Muslih Amberi mengingatkan peserta sosialisasi untuk berhati-hati terhadap paham-paham radikal yang bertentangan dengan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

“Tiap warga negara Indonesia harus mempelajari nilai-nilai dari Pancasila, sehingga dapat membentengi diri dari terjerumusnya dalam konsep-konsep pemikiran yang bertujuan memecah belah bangsa Indonesia,” tegas dosen FISIP ULM.

Terlebih, menurut Muslih Amberi, di zaman masifnya perkembangan digital dan media informasi seperti saat ini, siapa saja bisa menulis apa saja di mana saja.

“Jadi masyarakat, terutama generasi muda dimungkinkan menerima informasi-informasi dari luar yang bisa saja tidak sesuai dangan falsafah Pancasila,” tegas Muslih Amberi.

Dalam rangka inilah, pemerintah melalui anggota DPRD Kalsel turun serentak untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan generasi muda tidak terpengaruh dengan ideologi-ideologi yang bisa menggoyahkan sendi-sendi NKRI tercinta ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Reswan Nadi, mewakili pemerintah Kecamatan Cempaka mengaku sangat mendukung dengan program-program positif, seperti yang dilaksanakan wakil rakyat ‘Rumah Banjar’ ini.

“Mudah-mudahan ke depannya, bangsa Indonesia akan lebih baik lagi dalam menghadapi berbagai tantangan seperti pandemi Covid-19. Dengan semangat Pancasila, semoga lebih gencar membangkitkan sektor ekonomi,” kata Reswan Nadi. (SU)

 344 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.