Kemenkumham Gelar Penguatan Fungsi Kehumasan

Kemenkumham Gelar Penguatan Fungsi Kehumasan

Suarindonesia – Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggelar penguatan fungsi kehumasab, Senin (05/11/2018), bertempat di Fizz Room Hotel POP Banjarmasin. Sebanyak 35 wartawan cetak dan elektronik se Kalsel mengikuti forum koordinasi dengan instansi terkait/media.

Keynote speech langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian dengan didampingi Para Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Syarifudin, Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala.

“Wartawan merupakan bagian dari perjalanan karir saya, di mana sudah menjadi kesaharian bertemu dengan awak media ditempat kerja tentunya ini menjadikan kita dekat seperti keluarga oleh karena itu saya mendorong teman-teman di Humas untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai penguatan fungsi kehumasan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Forum Koordinasi dengan Instansi Terkait/Media Tahun Anggaran 2018.

Seiring dengan kesadaran bahwa humas memegang peranan yang sangat penting dalam membangun citra organisasi, keberadaan humas adalah suatu kebutuhan yang harus diprioritaskan.

Untuk itu perlu juga didukung SDM (Sumber Daya Manusia) dengan kapasitas yang kompeten di bidang kehumasan serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana memadai.

“Dalam pelaksanaannya perlu didukung oleh kemudahan akses kepada unsur pimpinan dan dukungan satuan kerja lain yang terlibat,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian yang pernah menjabat Kepala Biro Humas Kemenkumham RI ini dalam sambutannya.

Kegiatan berlangsung serius tapi santai membahas tentang kinerja, untuk membantah isu atau berita miring, dan sekaligus menyampaikan informasi kinerja atau layanan baru pada Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Ditambahkan lagi, “Organisasi yang ideal adalah setiap anggota dan unsur internal menyadari bahwa sesungguhnya merupakan humas bagian organisasinya. Dengan adanya kesadaran tersebut, maka setiap anggota organisasi akan konsisten menjalankan peran kehumasan, baik dengan menghindari perbuatan yang akan berdampak negatif bagi citra organisasi maupun dengan aktif mengkomunikasikan hal-hal yang sifatnya positif sehingga mampu membangun citra organisasi di mata pihak eksternal.”

Sementara itu Kepala Bagian Program dan Humas, Sugito dalam laporan panitia menyampaikan tujuan kegiatan seperti terwujudnya akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan kegiatan-kegiatan untuk mengartikulasikan tujuan dan pandangan resmi tentang isu-isu yang relevan untuk diberitakan dan diinformasikan kepada khalayak umum melalui berbagai media yang ada dan terlaksananya tata kelola peliputan, pemberitaan dan pemberian informasi kegiatan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku.(AR)

 219 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: