Kapolda : Operasi Zebra Diharapkan Tekan Angka Laka

Kapolda : Operasi Zebra Diharapkan   Tekan Angka Laka

Suarindonesia – “Pada tahun ini angka kecelakaan lalu lintas (laka) sudah berkurang cukup signifikan hingga 41 persen dibandingkan tahun lalu yang masih mencapai 2 ribu lebih kasus,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani, Selasa (30/10/2018) saat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Intan 2018 di halaman Mapolresta Banjarmasin.

Menandai operasi, pemasangan pita secara simbolis oleh Kapolda kepada perwakilan TNI, Polri dan Dishub menandai operasi tersebut resmi digelar, yang dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dan Forkopimda. “Operasi ini berlangsung selama 14 hari mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018,” kata kapolda.

Dikatakan, Operasi Zebra 2018 dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Untuk sasaran, pengemudi yang menggunakan HP dalam berkendara, yang melawan arus, yang berboncengan lebih dari 2 orang, pengemudi di bawah umur.

Kemudian, pengemudi dan penumpang yang tidak menggunakan helm berstandar SNI.

Pengemudi yang sedang mabuk atau menggunakan narkoba serta yang melebihi kecepatan yang ditentukan.

“Kita ingin masyarakat dalam berlalu lintas lebih tertib dan lancar,” katanya.

Operasi ini juga menyongsong pengujung tahun 2018 sebagai upaya cipta kondisi Operasi Lilin 2018 dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, tambah kapolda.

Pada bagian lain, memperhatikan pengendara yang tidak sesuai usia seperti anak SMP dan SMA yang mengendarai motor ke sekolah.

“Hal ini mengingat pada usia tersebut yang bersangkutan dipastikan belum memiliki SIM karena masih berusia di bawah 17 tahun,” jelasnya.

Sementara Direktur Lantas Polda Kalsel, Kombes Pol E Zulpan menghimbau seluruh jajarannya untuk melakukan perencanaan yang matang.

Untuk menjalankan operasi ini, sedikitnya 511 kekuatan dilibatkan, terdiri dari 79 personel dari Polda Kalsel dan 432 personel kewilayahan. (ZI)

 162 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: