Jaringan Malaysia Upah Kurir Rp 35 Juta Selundupkan 12 Kg Sabu ke Kalsel

Jaringan Malaysia Upah Kurir Rp 35 Juta Selundupkan  12 Kg Sabu ke Kalsel

Suarindonesia – Kurir narkoba jaringan internasional yakni Malaysia, yang dibongkar jajaran Polresta Banjarmasin, mengaku dijanjikan upah Rp35 juta untuk mengambil dan membawa 12 kilogram (kg) sabu ke Kalimantan Selatan (Kalsel).

Diketahui, peredaran sabu seberat 12 kg untuk pesta pergantian tahun 2018 – 2019, digagalkan tim gabungan Polresta Banjarmasin dan Polda Kalsel.

Jaringan internasional memasok dan masuk melalui Pulau Sumatera.

Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani, Minggu (30/12) mengatakan, 12 kg sabu yang kini dijadikan barang bukti dari kurir, Sadikin alias Dikin (22), warga Jalan Seberang Mesjid, Kampung Sasirangan, Banjarmasin Tengah.

“Anggota buntuti pelaku petugas sejak Kamis (20/12) lalu akan adanya penyelundupan sabu dari Sumatera,’’ ujar kapolda didampingi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto.

Selanjutnya, pada Senin (24/12) petugas mendapat informasi pelaku berada di Lampung Selatan.

“Sekitar pukul 13:30 WIB, polisi berhasil meringkus pelaku bersama barang bukti yang kemudian dibawa ke Banjarmasin,’’ jelas kapolda.

Pihaknya masih terus mengembangkan kasusnya. Ini mengingat narkoba yang disita diduga berasal dari jaringan internasional.

Diduga sabu dalam 12 paket masing-masing seberat 1 Kg tersebut, bakal diedarkan kepada para penyalahguna narkoba untuk pesta di malam pergantian tahun 2018 – 2019.

Atas pengungkapan kasus ini, polisi mengklaim telah menyelamatkan 240 ribu orang dari penyalahgunaan narkoba.

Sementara pelakunya, meski berdalih hanya sebagai kurir, telah ditetapkan sebagai tersangka dengan dijerat pasal 114 UU RI No 35/2009 tentang narkotika, terancam 5 hingga 20 tahun. (YI/ZI)

 265 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: