HAUL AGUNG Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 Dipadati Ribuan Jamaah

SuarIndonesia – Kegiatan tahunan Haul Agung Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 di kawasan Kubah Basirih, dari jalur sungai, darat hingga sejak pagi hingga siang hari terus dipadati para jamaah.

Bahkan dengan kondisi alam dengan air pasang ternyata jalur alternatif bagi jamaah untuk menghadiri acara tersebut pada umumnya banyak ditempuh dengan jalur sungai.

Terpantau di jalur darat, ribuan jamaah sudah memadati kawasan mulai dari bawah Jembatan Basirih hingga kompleks makam Habib Basirih penuh sesak.

HAUL AGUNG Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 Dipadati Ribuan Jamaah (3)

Setidaknya diketahui, panitia Haul Agung Habib Basirih menyediakan puluhan kelotok dan 2 kapal feri penyeberangan untuk mobilitas jamaah.

Karena haul di tahun ini parkiran jamaah difokuskan di daerah seberang, yakni sekitar kawasan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Baca Juga:
JAMAAH Memadati Puncak Haul Agung ke 76 Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, beberapa relawan pun standby menggunakan perahu bermesin untuk di kawasan Sungai Basirih.

“Kami sebagai relawan air standby untuk pengamanan di air,” ungkap Akbar, salah satu relawan dari BPK Emirate Banjarmasin.

HAUL AGUNG Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 Dipadati Ribuan Jamaah (4)

Tugas pihaknya kata dia yakni jalur evakuasi, pengantaran rombongan habaib, dan evakuasi jamaah yang meminta pertolongan.

“Kami sejak malam tadi hingga pagi sudah stanby di sini,” ujarnya.

Tugas relawan ini tambahnya murni dilakukan sebagai panggilan jiwa. Dan tentu untuk menyukseskan kegiatan Haul Agung Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim ke 76.

Sampai saat itu pun, kegiatan haul agung berlangsung, ribuan jamaah terus berdatangan menghadiri haul ulama mahsyur di Banjarmasin itu.

HAUL AGUNG Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 Dipadati Ribuan Jamaah (2)

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menghadiri acara Haul Agung ke-76 Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau yang dikenal dengan sebutan Habib Basirih, juga memberikan sambutan.

Walikota H Ibnu Sina dalam sambutannya di hadapan ribuan jamaah selain menghaturkan terima kasih dengan kegiatan yang haul yang diselenggarakan dengan aman dan tertib dan diharapkan haul ini bisa terlaksana dengan lancar setiap tahun.

Petinggi Pemko ini juga mengaku bersyukur karena kegiatan haul Haul yang diselenggarakan ini juga diakui Pemerintah Pusat sehingga kawasan kubah Basirih mendapatkan penghargaan juara harapan satu Desa Wisata dari 50 Desa Wisata se Indonesia, sehingga cukup membanggakan. Dan marilah aset ini ditata dengan baik bersama-sama pemerintah daerah dan warga masyarakat.(SU)

 471 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!