HASIL EVALUASI Polda Kalsel, Tiap Hari Ratusan Pelanggaran Terekam Kamera E-TLE

HASIL EVALUASI Polda Kalsel, Tiap Hari Ratusan Pelanggaran Terekam Kamera E-TLE

SuarIndonesia – Hasil evaluasi Polda Kalsel, ratusan pelanggaran rambu lalu lintas, menerobos lampu merah dan berboncengan lebih dari dua orang untuk pengendara sepeda motor tiap harinya terekam kamera E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Diketahui, Polda Kalsel menerapkan sistem tilang elektronik, dan ini diberlakukan sudah berjalan empat bulan, yang dipasang pada sejumlah titik di Kota Banjarmasin.

“Iya rata-rata 700 pelanggaran lalu lintas terekam melalui kamera E-TLE setiap harinya,” kata Direktur Lalulintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo, kepada wartawan, (9/7/2021).

Dikatakan, ada pula pelanggaran tak menggunakan sabuk pengaman yang bermobil dan penggunaan ponsel saat berkendara.

“Bahkan bagi pengemudi kendaraan roda empat juga dominan,” tambahnya melalui Kasubdit Gakkum, AKBP Ifan Hariyat.
Jumlah pelanggaran itu lanjutnya hasil evaluasi.

“Saat ini di Banjarmasin ada tiga kamera E-TLE yang sudah dipasang pada dua titik. Yaitu dua kamera di Jalan A Yani Kilometer 6 baik arah masuk maupun ke luar kota dan satu di Jalan Pangeran Samudera,” jelasnya.

Meski pelanggaran sudah terekam secara otomatis di basis data, namun penindakan berupa tilang terhadap pelanggar lalu lintas yang terdeteksi kamera E-TLE belum serta-merta dilakukan.

“Sesuai arahan Pak Direktur, sementara para pelanggar tersebut hanya diberikan teguran tertulis.

Mekanismenya, setiap pelanggar yang terekam kamera E-TLE akan mendapatkan kiriman surat ke alamat rumahnya untuk selanjutnya melakukan klarifikasi kepada petugas,” ujarnya.

Pelanggar selanjutnya ditegur dan diingatkan agar tak mengulangi.
Itu juga merupakan bagian dari upaya sosialisasi Ditlantas Polda Kalsel kepada masyarakat atas mekanisme dan cara kerja E-TLE.

Dikatakan, penindakan tilang baru akan diterapkan setelah nantinya E-TLE di Banjarmasin diluncurkan secara resmi bersamaan dengan Peluncuran Nasional E-TLE Tahap Dua yang dikoordinir Korlantas Polri.

Dimana direncanakan ada 13 Polda yang akan ikut dalam Peluncuran Nasional E-TLE Tahap Dua termasuk Polda Kalsel.
Soal waktu peluncuran, ia mengatakan masih menunggu arahan Korlantas, sekarang masih ada kondisi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. (ZI)

 1,490 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: