FORMASI Baru Timnas U-19 Bakal Dicoba Tae Yong

FORMASI Baru Timnas U-19 Bakal Dicoba Tae Yong
Aksi Timnas U-19 menghadapi North Macedonia U-19Timnas Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol melawan Makedonia Utara.(Foto/Dok. PSSI)

SuarIndonesia – Shin Tae Yong mengaku bakal mencoba formasi baru buat Timnas Indonesia U-19 di sela-sela pemusatan latihan tim di Kroasia.

Shin Tae Yong dikenal sangat fanatik dengan formasi 4-4-2. Formasi itu pula yang dipakai pelatih asal Korea Selatan itu selama David Maulana dkk menjalani TC di Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 telah melakoni 10 laga uji coba di Kroasia. Dari sederet laga uji coba itu, tim Garuda Muda selalu bermain dengan pakem formasi 4-4-2.

Dalam beberapa kesempatan, Shin Tae Yong mengaku kerap mengubah formasi tim jadi 4-4-1-1. Namun, perubahan formasi itu baru terjadi di babak kedua.

Shin Tae Yong mengatakan pengenalan taktik baru buat para pemain Timnas Indonesia U-19 akan dilakukan pada Jumat (16/10/2020).

“Karena banyak pertandingan uji coba para pemain tidak punya banyak waktu istirahat. Jadi setelah latihan recovery besok, kita akan beri satu hari libur. Setelah itu kami akan mencoba alternatif formasi dan taktik baru,” ucap Shin Tae Yong seperti dikutip dari Youtube PSSI.

Terkait hasil imbang 0-0 melawan Makedonia Utara, Shin Tae Yong mengungkapkan masih ada beberapa aspek di Timnas Indonesia U-19 yang perlu pembenahan. Tiga aspek yang disorot mantan pelatih timnas Korsel itu adalah power, operan, dan kemampuan pemain dalam mencari ruang.

“Mental pemain sudah lebih baik, namun power dan passing masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya,” tutur Shin Tae Yong dilansir dari CNNIndonesia.

“Selain itu kemampuan mencari ruang di garis belakang pertahanan lawan juga masih kurang.”

Setelah laga uji coba kontra Makedonia Utara, Timnas Indonesia U-19 akan dua kali bertemu Bosnia dan Herzegovina, 20 dan 23 Oktober. Timnas Indonesia U-19 sudah pernah satu kali bertemu Bosnia dan harus menelan kekalahan 0-1.(RA)

 145 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: