DPT BANJARMASIN Bertambah 490.000 Orang, TPS Naik hingga 2.000

SuarIndonesia – Jumlah Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Pemilu 2024 mendatang bakal bertambah hingga mencapai 2.000 buah.

Penambahan ini sebagai dampak penambahan jumlah Daftar Pemilih Tetap dari daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4 yang diterima KPU Kota Banjarmasin.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah memperkirakan jumlah TPS bertambah menjadi 2000 buah, dari sebelumnya mencapai 1879 di Pemilu tahun 2019.

Dari DPT tahun 2019 mencapai 448.000, mengalami kenaikan sekitar 6.500 orang menjadi 490.000 dalam data DP4 yang diterima KPU Kota Banjarmasin.

Kalau hasil verifikasi yang dilakukan Pantarlih benar maka kemungkinan jumlah TPS mencapai 2.000 buah.

Sementara untuk Tahapan Pemilu saat ini adalah Verifikasi Faktual Dukungan Anggota DPD RI yang berakhir pukul 23.00 Waktu Indonesia Tengah.

Tahapan Pemilu Selanjutnya adalah pemilihan anggota Adhoc PPS yang sudah memasuki tahapan wawancara dan Seleksi Anggota Pantarlih.

Untuk seleksi anggota Pantarlih dijadwalkan selesai tanggal 26 Januari mendatang.

Ketua KPU Kota Banjarmasin mengImbau agar warga Kota Banjarmasin tidak hanya menggunakan hak pilih namun juga melaku pengecekan mandiri sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap.

Pemilih dapat melakukan pengecekan atau coklit secara aktif melalui dpt online, tanpa harus datang ke kantor kelurahan atau kantor KPU.

Kalau tidak tercatat masuk daftar pemilih, dapat mendatangi kantor KPU, PPK di kantor Kecamatan atau PPS di Kantor Kelurahan.

“Jangan sampai 3 hari sebelum hari pemungutan suara atau pencoblosan, baru bertanya kenapa hak pilih saya hilang,” katanya.(SU)

 588 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!