DPRD KALSEL Perjuangkan Beasiswa Pendidikan Tinggi

DPRD KALSEL Perjuangkan Beasiswa Pendidikan Tinggi

SuarIndonesia – Panitia khusus (Pansus) Raperda Penyelenggaraan penguatan Fasilitas Pendidikan Tinggi berupaya untuk memperjuangkan beasiswa bagi putra daerah yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Raperda ini dimaksudkan untuk memperjuangkan beasiswa bagi mahasiswa, guru maupun dosen, termasuk aparatur sipil negara (ASN) yang menempuh pendidikan tinggi,” kata anggota Komisi IV DPRD Kalsel, H Troy Satria, usai kunjungan kerja ke Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan RI, Rabu (29/9/2021), di Jakarta.

Troy Satria mengungkapkan, Raperda ini merupakan inisiatif Komisi IV agar mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kalsel, terutama yang menempuh pendidikan tinggi.

“Karena pendidikan tinggi merupakan kewenangan pusat, maka perlu dikonsultasi bagian mana yang bisa dilakukan daerah agar dapat mendukung pendidikan tinggi,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Untuk itu, diperlukan peran serta dan dukungan pemerintah daerah dalam menunjang pendidikan tinggi di Kalsel, seperti beasiswa, fasilitas dan lainnya untuk mendukung mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi.

“Jadi ada semacam bantuan dana pendidikan atau beasiswa agar generasi muda bisa melanjutkan pendidikannya,” tambah Troy Satria.

Ditambahkan, penyelenggaraan penguatan fasilitasi pendidikan tinggi dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan fasilitasi mendorong mahasiswa yang berprestasi dan/atau yang berasal dari keluarga tidak mampu agar dapat menempuh pendidikan tinggi menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pemberian fasilitasi pendidikan tinggi yang pengganggarannya dalam APBD Kalsel,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VII, meliputi Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru ini.

Troy Satria mengakui, Pansus mendapatkan angin segar dari Dirjen Pendidikan Tinggi yang memberikan ruang bagi Pemprov untuk memberikan bantuan atau fasilitasi pendidikan ini.

“Fasilitasinya ya dengan membuat MoU atau kerjasama dengan Pemprov Kalsel yang mengatur pemberian bantuan pendidikan atau beasiswa kepada mahasiswa berprestasi,” jelas Troy Satria.

Rombongan Pansus diterima Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Paristianti Nurwardani, yang banyak memberikan masukan terhadap Raperda tersebut, terutama peluang yang bisa digunakan daerah untuk memfasilitasi pendidikan tinggi. (SU)

 63 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: