DIRANGKUL 6 Produsen Gula Antisipasi Kelangkaan

DIRANGKUL 6 Produsen Gula Antisipasi Kelangkaan

SuarIndonesia – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) merangkul enam produsen gula untuk mengantisipasi kelangkaan terutama pada saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhansasi, Selasa (16/3/2021), di sela Rapat Koordinasi menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di rang rapat Aberani Sulaiman, Setdaprov Kalsel.

“Gula putih mudah-mudahan tidak terulang lagi krisis nasional. Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Kami juga sudah bekerja sama dengan enam produsen untuk menyuplai gula,” ujarnya.

Birhasani juga menyampaikan hingga saat ini harga kebutuhan pokok masih cukup stabil. Ia menyatakan tidak ada kenaikan dan penurunan harga yang signifikan.

Dikatakannya harga beras, kedelai, gula, minyak goreng, tepung terigu, dan daging sapi masih terhangkau dan cukup stabil.

Ia mengakui saat ini terjadi harga daging ayam ras menjadi Rp38 ribu per kilogram.

Sementara itu, Pj. Gubernur Kalsel, Safrizal, yang memimpin rakor tersebut menaruh harapan besar dinas dan pihak terkait memfokuskan masalah ketersediaan kebutuhan pokok.
“Penting kita mengecek satu per satu ketahanan pangan dan logistik.
Dari sebelas bahan pokok dan tujuh bahan penting, mana yang surplus dan mana yang berpotensi mengalami kekurangan,” ingatnya

Guna mengawal ketersediaan bahan pokok di lingkup Kalsel, Pemprov kalsel menerapkan “ADA”. Prinsip ini terdiri dari Availability, Distribution, dan Affordability.

Availability atau ketersediaan, Safrizal meminta jajaran SKPD terkait mampu mencegah over supply dan less supply.

Selain tersedia, bahan pokok juga harus terjaga kontinuitasnya. Pendistribusian juga mendapat perhatian khusus dari Safrizal.

“Ada stok tapi distribusinya tidak lancar, sama saja dengan menimbulkan inflasi.

Penting disiapkan hari-hari tertentu khusus untuk armada yang dilalui logistik jika jalan masih dalam kondisi kurang layak. Imbau masyarakat agar tidak melewatinya.

Atur tekniknya, minta tolong kepada Polda dan jajarannya,” pungkasnya.(RW)

 273 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: