DIPASTIKAN Persediaan Oksigen di RSUD Ulin Banjarmasin Aman

Bagikan :
DIPASTIKAN Persediaan Oksigen di RSUD Ulin Banjarmasin Aman

SuarIndonesia – RSUD Ulin Banjarmasin memastikan persediaan oksigen aman jika terjadi lonjakan kasus covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit. Belajar dari peningkatan kasus varian delta lalu RSUD Ulin Banjaramsin memperbanyak distributor.

Sebelumnya hanya ada satu distributor oksigen, yaitu Samator dari Bontang. “Kita sudah kerjasama dengan suplaier kedua dari Jawa Timur. Belajar dari varian delta lalu kita perlu dua suplaier berbeda wilayah. Kita takutkan satu suplaier kewalahan seperti sebelumnya,” Wakil Direktur Medik dan Keperawatan, RSUD Ulin Banjarmasin, Yuddy Riswandi.

Ia menambahkan, suplaier dari Bontang bisa mengisi 2 tabung sekaligus dengan total 11 ribu kubik. Berapa jumlah kebutuhan rumah sakit akan diiisi oleh suplaier tanpa harus menunggu per periode.

“Untuk pemasok kedua yang dari Jawa Timur lagi menbangunkan tabung di belakang ruang mawar. Mereka bukan suplaier utama sehingga hanya memasok satu tabung kapasitas 5 ribuan. Jika tabung ini sudah selesai maka kapasitas oksigen kita 16 ribuan kubik,” ucapnya.

Selain itu, ujar Yuddy, pihaknya juga mendapatkan bantuan oksigen konsentrat. Jika oksigen liquid terdapat kendala maka bisa menggunakan oksigen konsentrat. Diakui Yuddy, oksigen kontrak tidak semaksimal oksigen liquid, namun setidaknya membantu pada saat darurat.

“Oksigen liquid pakai aliran pipa sehingga daya doring kuat. Oksigen konsentrat alirannya 10 liter per menit, sedangkan oksigen liquid alirkan sampai 50 liter per menit.

Jika pasien mulai ada lonjakan dan terdapat gangguan suplai terpaksa yang bergejala ringan menggunakan oksihem konsentrator dan yang bergejala berat pakai liquid. Segala strategi kita lakukan untuk menangani pasien,” katanya.(RW)

 302 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.