BERTAMBAH DAFTAR Orang Dipanggil Penyidik Kejati Kalsel Kasus Bendungan Tapin

BERTAMBAH DAFTAR Orang Dipanggil Penyidik Kejati Kalsel Kasus Bendungan Tapin
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kalsel, Romadu Novelino SH MH

SuarIndonesia – Bertambah daftar orang terpanggil penyidik Kejati Kalsel dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan Bendungan Tapin.

Ini setelah penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kejati Kalsel) memintai keterangan satu orang berinisial YMF, Selasa (21/6/2022).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Kalsel, Romadu Novelino SH MH mengatakan, YMF merupakan seorang pimpinan salah satu bank BUMN di Kalsel.

Kepada YMF, penyidik Kejati meminta dan memverifikasi data-data terkait pencairan dana pengadaan lahan melalui pembebasan yang dilakukan untuk mengakomodir proyek pembangunan fisik Bendungan Tapin.

“Penyidik memastikan bahwa dana pengadaan lahan yang dicairkan pemerintah memang sudah benar diterima oleh masing-masing pemilik tanah waktu itu,” ujarnya

Pada proses itu, pembayaran dana pembebaaan lahan dalam pengadaan lahan dilakukan secara langsung dari pemerintah dan ditransfer langsung ke rekening pemilik tanah tanpa melalui perantara pihak manapun.

Pasca memintai keterangan YMF, total sudah ada enam orang yang dipanggil dan dimintai keteranan dalam penyidikan kasus tersebut.

Sementara, penyidik belum menetapkan tersangka dan masih akan memanggil sederet nama lainnya untuk menggali fakta-fakta hukum lebih jauh menyangkut dugaan korupsi penyimpangan aliran dana pengadaan lahan tersebut.

Penyidikan yang didasarkan atas Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Nomor : print -02/O.3/Fd.2/05/2022 itu telah berlangsung sejak Jumat (20/5/2022).

Untuk mengungkap kasus ini, Kajati Kalsel, Mukri melalui surat perintahnya menugaskan sepuluh penyidik, dimana kasus ini merupakan pengembangan dari langkah-langkah yang dilakukan oleh Tim Pemberantasan Mafia Tanah Kejati Kalsel.

Proyek Bendungan Tapin yang berlokasi di Desa Pipitak, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel itu merupakan proyek multi years pada Tahun 2015-2020 dengan pagu anggaran mencapai hampir Rp 1 triliun. (ZI)

 77 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!