BERDAKWAH Berbagai Cara, Khususnya Penyuluh Agama Islam Agar Diminati Masyarakat

BERDAKWAH Berbagai Cara, Khususnya Penyuluh Agama Islam Agar Diminati Masyarakat

SuarIndonesia – Berbagai cara dalam berdakwah, khususnya penyuluh agama islam, agar diminati masyarakat tidak monoton disampaikan secara inovatif dan edukatif.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin H.Ahmad Sya’rani,S.Ag.,M.Ag mengatakan, salah satunya melalui seni tradisional Madihin.

“Madihin merupakan kesenian budaya tradisional Banjar yang harus dilestarikan, terlebih saat ini di era globalisasi yang dapat menggerus budaya dan kesenian baik lokal maupun nasional,” katanya Rabu (15/9/2021)

Menurut Amang Syahrani panggilan akrabnya, madihin merupakan mirip dengan media dakwah tergantung dari pembawanya dalam menyampaikan pesan.

“Madihin adalah seni bertutur yang sangat inspiratif, bisa disisipkan ajakan dan himbauan dengan menggunakan instrumen alat tabuh berupa “tarbang”.

Kesenian madihin cukup mendapatkan perhatian di masyarakat karena sifatnya komunikatif dan inspiratif serta bersifat global mencakup segala aspek kehidupan umat,” jelasnya.

Ia juga mengajak, para pendakwah, khususnya para penyuluh Agama Islam untuk berdakwah secara lebih inovatif dan edukatif sehingga dakwahnya dapat diminati oleh masyarakat dan tidak monoton.

“Keluarkanlah bakat seni yang dimiliki, ini akan lebih memberikan warna terhadap ceramah yang disampaikan, dengan masyarakat yang terhibur secara tidak langsung dapat menerima informasi yang disampaikan dengan lebih mudah,” ucapnya.

Sya’rani juga mengharapkan agar para pendakwah islam dalam menyampaikan dakwahnya menggunakan trilogi dakwah sesuai yang diajarkan dalam islam yakni berdakwahlah dengan baik, mengajak pada kebaikan serta mencegah kemungkaran.

“Berdakwalah dengan penuh hikmah, berikan pelajaran yang baik, dan hal tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui media berkesenian dan Islami,” pungkasnya.

Amang Syahrani juga mengatakan seni itu indah, bila madihin dibawakan seorang qori akan lebih terdengar merdu dan bagus, berlebih didalamnya berisikan pesan ajakan dalam kebaikan.

Lebih jauh amang syahrani mengatakan, belum lama tadi dirinya telah diberikan mandat untuk memberikan pembelajaran madihin yakni belajar bersama maestro. (HM)

 106 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: