“BANUA ANAM DiSISIR” Kapolda Kalsel Mendekat ke Ulama Hingga Penegasan Soal Tambang, Antisipasi Potensi Bencana Alam Maupun Kinerja

SuarIndonesia – Selain Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi, telah  ‘menyisir” (telusuri) “Banua Anam” atau kabupaten lainnya di provinsi dalam sepekan ini.  

Dihimpun, Minggu (20/11/2022) Kapolda dalam kunjungan kerja didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Ny. Dewwy Andi Rian dan beberapa pejabat utama,

Diawali ke Polres Banjarbaru, bersilaturahmi dengan Walikota, Wakil Walikota dan unsur Forkopimda Kota Idaman.

Ia mengingatkan bahwa tugas anggota Polri adalah Harkamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakan hukum.

Terlebih, dinamika tugas Polri kedepan tidaklah mudah, untuk menghadapi itu kita harus bisa menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan melakukan komunikasi dan kolaborasi dengan unsur terkait.

“Saya selalu mengingatkan untuk kita semua, selalu mawas dan sabar dalam menghadapi segala persoalan, apalagi saat ini tingkat kepercayaan publik terhadap Polri rendah, untuk itu lakukan apapun yang menjadi tugas kita dengan benar dan ikhlas,” ucapnya.

Agar dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri, caranya dengan “Kerja Ikhlas” membantu masyarakat, melaksanakan hal hal yang disukai masyarakat bukan melakukan perbuatan yang kontra produktif.

Dalam hal penegakan hukum, Kapolda Kalsel pun menegaskan agar dilaksanakan dengan benar, sesuai SOP, tidak tebang pilih dan memenuhi rasa keadilan di masyarakat dengan optimalisasi ungkap perkara.

“Saya menghimbau bentuk dan galakkan kembali Kampung Tangguh Anti Narkoba,” pintanya.

Setelah itu Kapolda melanjutkan lawatannya ke Mapolres Banjar, untuk melakukan silaturahmi pertama kali, dengan Bupati Banjar, juga unsur Forkopimda serta perwakilan Ulama serta tokoh masyarakat, Selasa (15/11/2022).

Disela itu, Kapolda Kalsel membicarakan tentang maraknya aktivitas galian C, serta tambang batubara ilegal, yang bakal mengancam kerusakan lingkungan di Ibukota Provinsi Kalsel.

Secara tegas Kapolda Kalsel, akan bertindak tegas menyikat para pelaku yang beraktivitas secara ilegal, tanpa toleransi apapun.

Sisi lain Kapolda berharap Kabupaten Banjar bisa mendukung  dalam menerapkan dan pengembangan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sebagaimana arahan Kapolri untuk tidak ada melakukan penindakan tilang manual di lapangan.

Kapolda pun meminta anggotanya untuk dapat meningkatkan kinerja mayoun kegiatan kegiatan sosial yang bisa mendekatkan Polri kepada masyarakat, kegiatan yang menyentuh rakyat.

Selain memberikan arahan kepada anggota, Kapolda juga berkesempatan menyerahkan bantuan paket umroh kepada masyarakat dan meninjau pembangunan Sentral Pelayanan Terpadu Polres Banjar, ini di bangun untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat..

Kemudian pada Rabu (16/11/2022) rombongan menuju Polres Tabalong dan appesiasi diberikan Kapolda Kalsel kepada Kapolres Tabalong yang telah melakukan langkah langkah humanis sehingga angka inflasi Kabupaten Tabalong berdasarkan data statistik bisa menekan di bawah rata rata nilai nasional.

“Ini merupakan buah dari kerja keras kita semua bersama unsur unsur terkait, mari kita jaga soliditas internal dan kekompakan sesuai dengan arahan Bapak Kapolri,” pintanya.

Menurutnya, langkah ini diperlukan untuk membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Polri tidak boleh lengah, jangan underestimate fokus terhadap dinamika kejadian yang ada,” kata Kapolda Kalsel.

Ia pun menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala hal, tetap istiqamah menjalankan semua dengan benar sebagaimana seharusnya dan biasakan berpikir positif dalam setiap keadaan, siapa tahu ada hikmah dari setiap kejadian yang tidak ketahui.

Kapolda juga menandatangi prasasti Lapangan Serbaguna Tantya Sudhirajati Polres Tabalong, serta berkesempatan bertatap muka dengan Guru Ahmad Jaro dan para santri di Pondok Pesantren Nurul Mustofa.

Dilanjutkan ke Polres Hulu Sungai Tengah (HST). Ia pun menuturkan bahwa senua ini tujuan ingin melihat kondisi satuan kewilayahan, sekaligus sebagai momentum untuk bersilaturahmi dengan seluruh personil.

Kepada personil Polres HST, Kapolda menyampaikan tiga kebijakan yang harus dipedomani oleh seluruh personil yakni Laksanakan semua arahan Presiden RI kepada Polri, Laksanakan program prioritas Kapolri dan bekerja dengan ikhlas.

Kesempatan itu, Irjen Pol Andi Rian juga meminta untuk bisa mawas diri, menjaga pola hidup agar tetap bisa melaksanakan pola hidup yang sederhana (tidak Hedonisme) sebagaimana yang disampaikan Bapak Presiden RI dalam arahannya kepada seluruh jajaran Polri.

Kapolda juga kembali mengingatkan bahwa tidak ada lagi anggota lalulintas yang melaksanakan tilang di tempat secara manual.

Melainkan dengan memaksimalkan penindakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan melakukan pembangunan E-TLE di titik titik tertentu di wilayah masing-masing.

Terkait agenda Kamtibmas kedepan, para Kasatwil jajaran Polda Kalsel diminta untuk mempersiapkan rencana pengamanan, termasuk dalam menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini mulai meningkat.

“Saat ini kita ada di penghujung tahun, intensitas curah hujan sudah mulai cukup tinggi, jadi persiapkan peralatan dan kondisi badan dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi potensi terjadinya bencana alam,” ucapnya.

Lanjut ke Kabupaten Balangan dan kapolda menerima secara simbolis hibah bantuan sarana prasarana dari Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, Kamis (17/11/2022) 

Hibah untuk membantu kegiatan dan tugas Kepolisian di wilayah hukum Polres Balangan.

Bantuan yang diterima itu terdiri dari 15 unit Ranmor roda dua, 1 unit Ranmor roda empat, 8 buah Laptop, Pembangunan Lapangan tembak, Lapangan lari, Mini soccer dan Mako Polsek Paringin Selatan serta Mako Tebing Tinggi.

Bantuan R4 dan R2 yang dihibahkan oleh Pemerintah Daerah itu digunakan untuk membantu Polres Balangan dalam kesiapan mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir.

Kapolda pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Balangan yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada Polres Balangan.

Dia berharap dengan adanya bantuan dari Pemkab Balangan bisa mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Mari kita sama-sama memberikan yang terbaik untuk kepentingan dan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya, yang sejak 18 Oktober 2022 lalu resmi menjabat Kapolda Kalsel.

Saat memberikan arahan kepada anggotanya, Kapolda Kalsel menghimbau selaku anggota Polri harus cermat dan bisa mengambil sikap dalam menghadapi dinamika yang berkembang di era 4.0 saat ini.

Salah satu arahan Bapak Presiden RI kepada Polri yang harus dilaksanakan yaitu menaikkan public trust kepada Polri dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan tidak ada lagi penindakan tilang manual di lapangan, melainkan dengan menerapkan dan memaksimalkan peran Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Dirinya mengingatkan anggotanya untuk melaksanakan semua program prioritas Kapolri berlandaskan Kerja Ikhlas, bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab. Semua perkara, agar bisa diselesaikan dengan seseuai ketentuan yang berlaku dan humanis sehingga ada kepastian hukum kepada masyarakat.

Beberapa agenda Kamtibmas kedepan pun juga menjadi perhatian Polri khususnya Polda Kalsel guna dilakukan persiapan persiapan pengamanan seperti Perayaan Natal, Tahun baru, Pemilu 2024, Percepatan vaksinasi nasional, dan Pemulihan ekonomi nasional maupun daerah.

Selain itu hal yang juga perlu dipersiapkan yakni antisipasi potensi bencana alam yang suatu saat bisa terjadi kapan saja, sehingga diperlukan upaya dini dengan pemetaan lokasi-lokasi rawan bencana, kesiapan peralatan pendukung serta berkoordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait seperti halnya dalam kolaborasi menekan angka inflasi daerah.

Lawatannya juga  ke Kabupaten HSU (Hulu Sungai Utara) dan bersilaturahmi dan perkenalkan diri ke kediaman KH Asmuni yang akrab dengan sapaan “Guru Danau” di Desa Danau Panggang Kecamatan Danau Panggang.

Kedatangan didampingi Ketua DPRD Kalsel Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., dan disambut langsung Guru Danau dengan senang hati dan dalam suasana penuh kekeluargaan.

Kapolda mengatakan, tujuan silaturahmi tersebut dalam rangka memperkenalkan diri selaku pejabat baru “di Bumi Lambung Mangkurat”.

“Saya memohon doa restu kepada Guru Danau untuk bertugas di Kalsel ,” ucapnya.

Selanjutnya wilayah  HSS (Hulu Sungai Selatan) dimana kapolda melihat secara langsung kondisi kesatuan wilayah terkait kondisi anggota, mako, wilayah, dan permasalahan aktual yang terjadi di satuan kewilayahan.

“Kedepan ada beberapa agenda Kamtibmas seperti Natal, Tahun baru dan Pemilu 2024,

Percepatan program vaksinasi nasional, dan program pemulihan ekonomi nasional maupun daerah yang perlu mendapatkan perhatian dan kesiapan kita semua, baik dalam mengamankan maupun mengawal agenda tersebut,” ucap kapolda di daerah ini.

Kemudian pada  Jum’at (18/11/2022), kapolda melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahanan (Rutan) Presisi Polres Tapin.

Pembangunan Rutan Presisi Polres Tapin ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja yang saat ini terus berbenah.

Kapolda Kalsel mengatakan, pembangunan Rutan Presisi ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan Polres Tapin kepada para tahanan yang menjalani proses penyidikan. Selain juga untuk meningkatkan keamanan tahanan.

“Supaya kita bisa melaksanakan tugas secara profesional, tentu harus didukung dengan sarana prasarana yang memadai.

Dengan dibangun Rutan Presisi Polres Tapin ini, harapannya kita bisa lebih profesional dalam melaksanakan kamtibmas,” jelas Irjen Pol Andi Rian..

Suisi lain sebagai wujud empati dan kepedulian terhadap sesama terlebih lagi kepada warga masyarakat yang membutuhkan, kapolda  menyerahkan bantuan berupa kursi roda dan bedah rumah.

Sebanyak 8 kursi roda dibagikan kepada warga masyarakat Kabupaten Tapin yang sakit atau menderita kelumpuhan untuk membantu meringankan dalam melaksanakan aktivitas sehari hari.

Mereka yang menerima bantuan dari kerjasama antara Polres Tapin dengan PT AGM ini meliputi Aiptu Sahban Agus, Jarni, Toyib, Muhammad, Ny Nor Rahmah, Ramatullah, Hayani, dan Budi Anjarwati.

Sementara bantuan bedah rumah diberikan kepada Muhammad Noor yang beralamat di Desa Miawa RT.05 Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.

Kapolda menuturkan, bantuan yang diberikan ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian Polri kepada warga masyarakat.

“Kita harus saling membantu dan saling peduli kepada warga di sekitar kita yang membutuhkan.

Ingatlah sebagian dari rezeki kita adalah milik orang lain dan ini juga merupakan wujud kepedulian dan kehadiran Polri di tengah masyarakat,” pungkas Kapolda Kalsel.

Selain menyerahkan bantuan kursi roda dan bedah rumah, Kapolda Kalsel juga meninjau Rumindes (Rumah informasi Desa) yang merupakan terobosan Polres Tapin yang diprakarsai Wakapolres.

Rumindes bertujuan untuk lebih mendekatan masyarakat di Desa terpencil dengan pejabat yang ada di Kabupaten untuk menjalin silaturahmi dan bertukar informasi.

Dijelaskan juga, Rumindes baru terbentuk di 2 Desa yaitu Desa Bagak Kecamatan Hatungun dan desa Sawaja Kecamatan Candi Laras Utara. Kedua Desa tersebut sulit dari jangkauan internet dan diharapkan ke depannya aka nada Desa Desa lain yang akan dibentuk Rumindes.

“Tolong-menolong membuat hidup penuh dengan kemudahan, menjadikan hidup penuh dengan kebajikan, semoga hal kecil yang kita lakukan ini, dapat mengubah dan menambah semangat serta kebahagiaan,” harapnya. (ZI)

 

 

 

 530 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!