Banjarmasin ‘Full Team’ dalam Presentasi Menuju Adipura Kencana

Banjarmasin ‘Full Team’ dalam Presentasi Menuju Adipura Kencana

Suarindonesia – Pemerintah Kota Banjarmasin pada tahun 2018 ini bertekad meraih anugerah tertinggi bidang lingkungan hidup yakni Adipura Kencana. Berbagai terobosan dan inovasi sudah dilakukan Pemko Banjarmasin dalam beberapa waktu terakhir kaitannya dengan pengelolaan lingkungan hidup.

Kota Banjarmasin ‘full team’ mulai Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah beserta jajaran, serta tidak ketinggalan Ketua DPRD Kota Banjarmasin Hj Ananda kompak bersama-sama presentasi di hadapan para juri dalam acara ‘Presentasi dan Wawancara Walikota/Bupati Calon Penerima Anugerah Adipura Kencana 2018’ di Ruang Rapat Grand Mutiara, Lower Ground Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, Selasa (4/12) .

Walikota membeberkan sejumlah inovasi yang sudah dilakukan selama beberapa waktu terakhir. Dalam presentasinya H Ibnu Sina membeberkan sejumlah program terkait dengan penanganan sampah di Kota Banjarmasin.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi di Kota Seribu Sungai ini, jumlah volume sampah di Kota Banjarmasin makin meningkat karena adanya pertambahan jumlah penduduk dan pola konsumsi masyarakat.

Salah satu presentasi yang menarik perhatian para juri adalah pengurangan sampah plastik, sejak tahun 2016 Pemko Banjarmasin dengan Perwali Kota Banjarmasin No 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, yang diberlakukan pada toko/retail modern. Dan di tahun 2018 ini diberlakukan di Apotek, dilanjutkan di pasar tradisional pada tahun 2019.

Serta harapan H Ibnu Sina untuk memperdakan perwali yang ada agar memperkuat keinginan dan komitmen Kota Banjarmasin dalam pengurangan sampah plastik. Namun Kota Banjarmasin juga memberikan solusi kantongan plastik dengan bakul/tempat kantongan terbuat dari purun.

Adapun program lainnya, antara lain satgas kebersihan di setiap kecamatan, mengangkat Pemangku Sungai, Kampung Baiman, program Jumat Barasih dan lainnya.

Untuk diketahui, Anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan Adipura tertinggi kepada Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sebagai kota berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.(SU)

 199 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: