BALON Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Dua Kali Swab, Jika Positif Penetapan Tertunda

BALON Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Dua Kali Swab, Jika Positif Penetapan Tertunda

SuarIndonesia – Mulai Jumat (4/9/2020) pendaftaran pasangan bakal calon (balon) Gubernur Kalsel dan Wakil Gubernur Kalsel, dibuka KPUD.  Pendaftaran sampai dengan 6 September.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan pemilihan kepada daerah (pilkada) tahun ini di tengah pandemi covid.

Guna menghindari penularan Covid-19, maka KPU Kalsel sudah menginformasikan kepara peserta pemilu atau partai politik untuk membatasi jumlah pendukung saat pendaftaran.

“Kami menyarankan yang tidak berkepentingan tidak perlu hadir. Kami telah koordinasikan jumlah pendukung yang hadir mendaftar 20 orang, karena kapasitas ruangan kita tidak menampung lebih banyak,” kata Komisioner KPUD Kalsel, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Sumber Daya Manusia (SDM), Edy Ariansyah, Kamis (3/9/2020).

Lebih jauh Edy menjelaskan sebelum pendaftaran bakal calon melakukan swab mandiri guna memastikan bebas covid.

“Jika salah satu bakal calon atau keduanya positif berdasar keterangan pemeriksaan, maka dibolehkan tidak hadir saat pendaftaran.

Yang hadir partai pengusung saja dilampirkan surat keterangan swab, nanti KPU akan melakukan penelitian kepada balon menggunakan teknologi informasi,” bebernya.

Pasangan balon akan menjalani pemeriksaan swab ke dua oleh tim dokter.

Jika pada swab ke dua positif maka pemeriksaan kesehatan ditunda sampai yang bersangkutan negatif covid.

“Jika ada positif maka KPU mengeluarkan keputusan penundaan penetapan balon, paling lama 20 hari sejak dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, tapi mudah-mudahan tidak ada yang positif,” tandas Edy Ariansyah.(RW)

 363 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: