18 JURNALIS Ikuti UKW PWI Kalsel

SuarIndonesia – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel di akhir tahun 2022, menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang ke-16 yang diikuti sebanyak 18 wartawan banua.

UKW dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Jumat sampai Sabtu (23-24/12/22), bertempat di Gedung Sekretariat PWI Kalsel, Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin Timur.

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menjelaskan, selama tahun 2022, PWI Kalsel sudah 4 kali menyelenggerakan UKW tersebut.

Untuk UKW yang ke-16 ini, pesertanya sebanyak 18 orang wartawan yakni, Banjarmasin 8 orang, Banjarbaru 1 orang, Martapura 1orang, Tanbu 1 orang, Kotabaru 3 orang, Tabalong 1 orang, Barabai 2 orang, dan Kandangan 1 orang,l. ”Dengan kategori Muda 12 orang, kemudian Madya 6 orang peserta,” jelasnya.

Helmie panggilannya menegaskan, setiap materi ujian kompetensi, peserta UKW wajib mendapat nilai minimal 70, jika ada nilai dibawah nilai 70, maka dianggap belum kompetensi.

18 JURNALIS Ikuti UKW PWI Kalsel (2)

“Jumlah nilai harus seimbang, apabila 9 dari 10 materi uji nilainya 85 tapi ada satu materi yang nilainya 60 maka dinyatakan gugur,” tegasnya.

Lebih lanjut Ketua PWI Kalsel menjelaskan, UKW tidak hanya berpatok pada nilai, namun juga attitude dari wartawan itu sendiri.

Dirinya berharap, agar UKW dapat berjalan dengan lancar, sehingga para wartawan dapat memiliki sertifikasi.. “Dan menjadi wartawan yang profesional serta martabat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya dibacakan, oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir Syaiful Azhari mengatakan, selamat dan semangat kepada para peserta UKW.

Gubernur juga berpesan untuk menjadi wartawan sama halnya, dengan profesi lain seperti dokter, guru dan perawat yang harus memiliki sertifikasi.

”UKW sangat penting bagi wartawan untuk berperan terhadap pembangunan sangat besar,” katanya.(SU)

 441 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!