TEROBOSAN AKABRI 1996 Bharatasena Latih UMKM Berbasis Digital, Diapresiasi Kapolda Kalsel

Bagikan :
TEROBOSAN AKABRI 1996 Bharatasena Latih UMKM Berbasis Digital, Diapresiasi Kapolda Kalsel
Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Drs. Rikwanto, SH, M.Hum, didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, SIK, MSi, Irwasda, Kombes Pol Turman Sormin Siregar, SH, SIK dan jajaran melihat-lihat produk milik pelaku UMKM, yang ikut pelatikan, Kamis (16/9/2021).

SuarIndonesia – Terobosan AKABRI 1996 Bharatasena, dalam pengadiannya 25 Tahun, dengan memberikan pelatihan pengembangan UMKM berbasis digital, kepada warga di Kalimantan Selatan (Kalsel, dan diapresiasi Kapolda, Irjen Polisi Drs. Rikwanto, SH, M.Hum, Kamis (16/9/2021).

Kapolda, membuka kegiatan itu di Aula Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel, diikuti ratusan peserta UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), selama dua hari.

Dan untuk peserta hanya sebagian dihadirkan langsung sesuai protokol kesehatan dan lainnya ecara zoom meeting enggandeng perusahaan unicorn Tokopedia dan Gojek.

Tema “Akselerasi Transformasi Digital UMKM Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

“Saya mengapresiasi terobosan ini setidaknya turut percepat pemulihan ekonomi di tengah pandemic Covid-19,” tambah Kapolda.

Artinya disini POLRI terus membuat terobosan dan terlibat aktif dalam upaya pemulihan ekonomi.

Diakui Kapolda, situasi pandemi masyarakat akan sulit pasarkan produk dagangannya sehingga dengan digital ini bisa lancar.
”Karenanya saat ini semua harus melek dengan namanya digital, apalagi bagi para pelaku UMKM.

 

 

Ketua pelaksana kegiatan, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman

Semoga kedepan pemasaran bisa lebih meningkat lagi,” ucapnya, Kapolda, yang dalam kegiatan turut dihadiri Wakapolda, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, SIK, MSi, Irwasda, Kombes Pol Turman Sormin Siregar, SH, SIK.

Disebut, pelatihan dan Pengembangan UMKM Berbasis Digital rintisan AKABRI 96 Bharatasena patut ditiru khususnya secara Nasional, sebab merupakan upaya memberdayakan potensi pejuang UMKM, guna pemulihan ekonomi masyarakat berkelanjutan.

Kapolda menyatakan upaya pelatihan UMKM ini adalah terobosan
kreatif yang patut ditiru.

Lebih lanjut Kapolda Kalsel menegaskan, POLRI sebagai bagian dari masyarakat, secara langsung ikut terlibat dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Sejumlah Polres-Polres juga sudah harus berinisiatif melakukan
pemberdayaan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaku ekonomi kecil menengah perlu mengenal tentang pemasaran di era digital.

Termasuk, strategi memasarkan produk di situs penjualan atau market place yang tepat.

“Singkatnya, ini selaras dengan kebijakan Kapolri tentang pemulihan
ekonomi nasional terutama di era Pandemi saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lengah dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

“Memang terjadi penurunan penularan Covid-19. Tapi protokol
kesehatan (Prokes) ketat jangan dilupakan,” tegas Kapolda.

“Kami tidak ingin dengan bergeraknya ekonomi masyarakat dibukanya kran usaha berakibat pada longgarnya perhatian masyarakat terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara para pelaku UMKM baik yang hadir secara langsung maupun secara daring  antusias mendapatkan tambahan pengetahuan dan strategi baru dalam mengembangkan serta memasarkan produknya secara digital.

Ketua pelaksana kegiatan yaitu Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman mengatakan, pelatihan bagi UMKM sengaja dipilih sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Caranya yaitu dengan mengakselerasi transformasi digital UMKM.  “Hari ini difasilitasi dihadirkan dua narasumber dari Gojek dan Tokopedia.

Pada hari kedua nanti ada dari Shopee dan ke depan, rencananya dari Bukalapak juga dihadirkan,” kata Kombes Pol Hendri.

Kepada para pelaku UMKM , ia berpesan, setiap e-commerce juga memiliki strategi masing-masing dalam persaingannya merebut loyalitas konsumen dalam dunia perdagangan berbasis daring di Indonesia.

Karena itu kata dia, para pelaku UMKM juga harus cermat dan mengerti strategi-strategi itu sehingga dapat menyesuaikan platform e-commerce mana yang paling cocok agar dapat efektif memasarkan produk.

Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol M Rifai

Selain Kombes Pol Hendri, empat Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996 yang juga saat ini bertugas di Polda Kalsel yaitu Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Tri Wahyudi, Kabid Keuangan, Kombes Pol Hermawan, Kasubdit IV Dit Reskrimum, AKBP Afebrianto Widhi Nugroho serta Kabag Wassidik Dit Resnarkoba, AKBP Sigit Kumoro juga tentunya hadir dalam kegiatan.  (ZI)

 

 2,535 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!