SUNGAI dan Pemanfaatan Tata Ruang Dibahas Untuk Siaga Banjir

Bagikan :
SUNGAI dan Pemanfaatan Tata Ruang Dibahas Untuk Siaga Banjir

SuarIndonesia — Pemerintah Kota Banjarmasin mengikuti kegiatan dialog interaktif diluar studio dengan topik mitigasi bencana fenomena La Nina melalui Siaran RRI Pro 1 FM yang berlangsung di Siring Balaikota Banjarmasin, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber di antaranya Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahrul Razie serta Kabid Sungai, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony.

Baca Juga :

PERLENGKAPAN BPBD Kalsel Diturunkan Bantu Banjir di HST

Dalam kegiatan itu, Matnor Ali menyebut upaya jangka panjang yang akan dilakukan yakni dengan terus melakukan normalisasi sungai sebagai upaya penanggulangan banjir di Kota Seribu Sungai itu.

Sementara pria yang akrab disapa Thoni ini memaparkan peristiwa banjir tahun 2021 menjadi sebuah pengalaman khususnya Kota Banjarmasin yang terimbas banjir kiriman dari daerah tinggi, yakni daerah hulu.

“Dan menjadi kendala dengan adanya permukiman, buang sampah, penghalang alat berat susah masuk untuk mengeruk sungai yang dangkal, dengan peristiwa banjir ini diharapkan kesadaran warga sangat diperlukan bahwasanya fungsi sungai sangatlah penting,” ungkapnya.

 

SUNGAI dan Pemanfaatan Tata Ruang Dibahas Untuk Siaga Banjir (2)

 

Adapun, Fahrul Razie mengakui memang peristiwa banjir tahun 2021 tersebut sangat memberikan pelajaran untuk Kota Banjarmasin, pihaknya pun terus berupaya mengatasi banjir tersebut tanpa mesti merugikan warga, dirinya menuturkan saat ini yg diperlukan adalah pencegahan sebelum terjadi, maka itu diperlukan bijaknya pemanfaatan ruang.

Lanjutnya, langkah yang telah dilakukan yakni memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat Kota Banjarmasin terkait kesiapan dalam pencegahan banjir. “Selain itu kesiap siagaan para anggota BPBD juga terus dilatih,” pungkasnya.(SU)

 323 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

1 Comment

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.