SKUAT INTI Timnas U-19 dengan Amunisi 5 Pemain yang Merumput di Eropa

SKUAT INTI Timnas U-19 dengan Amunisi 5 Pemain yang Merumput di Eropa
Pemain Timnas Indonesia U-19.(Foto/Dok.PSSI.org)

SuarIndonesia – Bayangan Skuat Timnas U-19 lima pemain muda yang merumput di Eropa itu diyakini bakal lolos seleksi.

Selain bukti pengalaman main di Eropa, mereka juga memiliki rekam jejak bermain Timnas Indonesia junior sebelumnya.

Mungkin hanya Elkan Baggott yang belum pernah tergabung ke dalam skuat resmi Timnas Indonesia. Akan tetapi, hal itu diyakini bukanlah sebuah halangan.

Elkan Baggott dinilai akan mudah dalam berkomunikasi dengan rekan satu tim karena tidak terlalu mengalami kendala bahasa.

Saat dihubungi redaksi berita olahraga INDOSPORT, Elkan Baggott sendiri mengaku sangat gembira karena mendapat undangan dari PSSI.

Dengan komposisi yang ada, maka sudah terbayang formasi inti skuat Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong yang bakal berlaga di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-19.

Sedikitnya ada lima kiper yang bakal bersaing untuk tiga tempat di skuat Timnas Indonesia U-19.

Dari lima kiper tersebut, tiga yang paling berpeluang antara lain Muhammad Risky Sudirman, Ernando Ari, dan Erlangga Setyo.

Nama Ernando Ari paling berpeluang menjadi kiper utama karena ia merupakan kiper Timnas Indonesia U-19 saat ini.

Meski begitu, Muhammad Risky Sudirman juga tidak bisa diremehkan karena ia menjadi bagian dari tim Garuda Select angkatan satu dan dua.

Dari posisi belakang, Shin tae-Yong memanggil Elkan Baggott salah satu pemain bertahan dari klub Inggris, Ipswich U-19.

Pemain bertinggi 194 cm tersebut resmi masuk dalam daftar TC melalui pengumuman di akun media sosial PSSI beberapa waktu lalu.

Dengan kebiasaan Shin Tae-yong yang menerapkan formasi 4-3-3, maka akan ada tiga pemain lain yang kemungkinan bakal mengisi formasi inti.

Rizky Ridho juga merupakan bek andalan Timnas Indonesia U-19 di ajang kualifikasi Piala AFC 2020 kemarin. Rizky Ridho diyakini bakal diduetkan dengan Alfeandra Dewangga Santosa.

Namun, pemilihan Dewangga masih bergantung dengan Elkan Baggott. Akan tetapi, bisa saja keduanya dimainkan bersamaan.

Satu pemain lagi yang memiliki peluang besar menjadi bek inti di Timnas Indonesia U-19 adalah Amiruddin Bagas Kaffa yang mengisi posisi bek kanan.

Di luar keempat pemain itu, Timnas Indonesia U-19 masih memiliki banyak pemain cadangan berpotensi seperti Vedhayanto Putra, Pratama Arhan, dll.

Untuk posisi tengah, pelatih Shin Tae-yong memiliki banyak sekali pilihan pada formasi 4-3-3.

Nama Witan Sulaeman hampir pasti jadi pilihan utama disusul Brylian Aldama dan David Maulana yang sudah terbiasa bermain bersama di Timnas Indonesia U-19.

Di luar ketiga pemain itu, Shin Tae-yong masih memiliki pemain-pemain potensial lainnya yang bisa dicoba saat TC seperti Hamsa Lestaluhu, Irfan Jauhari, Komang Tri Arta, sampai Braif Fatari.

Untuk posisi depan satu nama hampir pasti masuk ke dalam pilihan utama, yakni Amiruddin Bagus Kahfi.

Meski tak dipanggil karena cedera dalam pemusatan latihan kali ini, namun kemampuan Bagus Kahfi sudah tak diragukan lagi.

Ia menjadi mesin gol baik di Timnas Indonesia U-19 maupun tim Garuda Select di Inggris.

Selain Bagus sebagai ujung tombak, di sisi penyerang sayap ada pemain andalan Persib seperti Beckham Putra Nugraha dan wonderkid Persebaya, Supriadi, yang siap unjuk gigi.

Taji keduanya sudah terbukti di Liga 1 ketika terpilih main dengan para pemain senior.

Keduanya juga sudah tergabung di Timnas U-16 dan U-19 sebelumnya. Satu nama lagi yang bisa dipertimbangkan saat TC nanti tak lain dan tak bukan adalah Sutan Zico.

Tentu saja formasi dan perkiraan pemain di atas masih sebatas gambaran kasar. Segala bentuk kejutan masih mungkin bisa terjadi karena pilihan pemain Timnas Indonesia U-19 ada di tangan Shin Tae-yong.(Indosport/RA)

 225 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: