Semarak dan Meriah, Festival Sungai di Penghujung Tahun

Semarak dan Meriah, Festival Sungai di Penghujung Tahun

Suarindonesia – Ratusan warga Banjarmasin sejak sore merapat ke Siring Pierre Tendean guna menyaksikan Festival Sungai yang digelar di Sungai Martapura. Semarak dan meriah, kata yang tepat untuk Festival Sungai yang digelar tepat di depan Menara Pandang Siring Pierre Tendean Kota Banjarmasin, Minggu (2/12/2018) malam.

Festival Sungai tersebut merupakan event yang kedua kali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin setelah event perdana digelar tahun lalu di tahun 2017 dengan tempat yang sama dan panggung utama yang sama berada di atas sungai.

Dengan mengangkat tema ‘Dance of The River’ banyak tarian yang menjadi ajang tampilan di atas panggung yang berada di atas Sungai Martapura tersebut, di antaranya sinoman hadrah, tarian poyang dan tarian lainnya dari berbagai sanggar seni tari di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Drs H Ihsan Al Haq menyampaikan Festival Sungai tersebut merupakan event tahunan yang terinspirasi dari Kongres Sungai oleh Pemerintah Kota Banjarmasin untuk memanfaatkan sungai menjadi salah satu tempat berkegiatan masyarakat Kota Banjarmasin.

“Kita mengetahui bahwa Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai. Jadi kita sudah seharusnya memanfaatkan sungai untuk dijadikan kegiatan, baik kegiatan keseharian maupun kegiatan resmi seperti event yang kita gelar malam hari ini,” ucap Ihsan kepada wartawan awak media.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang hadir dalam Fstival Sungai malam itu, menyatakan bahwa kegiatan itu adalah bagian dari rangkaian acara tutup tahun untuk 2018 dengan diisi dengan gelaran berbagai seni tari dari berbagai sanggar seni yang terdapat di Kota Banjarmasin.

Ibnu Sina berharap di tahun mendatang Festival Sungai tidak hanya menampilkan seni tari, melainkan seni rupa, seni sastra dan seni lainnya yang dapat memeriahkan kegiatan Festival Sungai selanjutnya di tahun 2019 mendatang.

“Saya sangat harapkan untuk ke depan agar ditambah penampilan pentas seni, agar acara bisa berjalan lebih meriah dibanding tahun ini, serta untuk menambah daya tarik antusias warga Kota Banjarmasin untuk menyaksikan acara Festival Sungai ini,” ujar Ibnu Sina.

Kegiatan Festival Sungai yang ke 2 pada tahun 2018 tersebut juga dilengkapi dengan penampilan atraksi Arsyad (Kai Api) yang sedang fenomenal di kalangan masyarakat Kota Banjarmasin.

Semakin malam semakin banyak pengunjung berdatangan menyaksikan berbagai macam seni tari yang ditampilkan, pagelaran Festival Sungai tersebut dijadwalkan selesai pukul 23.00 WITA.(SU)

 296 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: