SEJARAH Tak Pernah Berpihak ke Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Harus Bisa

SEJARAH Tak Pernah Berpihak ke Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Harus Bisa
Trophy FIFA World Cup U-20.(Foto/Ist)

SuarIndonesia РIndonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang, dan ekspektasi tinggi pun mereka hadapi untuk bisa berprestasi.

Namun itu tak akan mudah, seiring sejarah yang menyatakan bahwa tuan rumah ajang itu tak pernah berprestasi sejak ajang ini berganti nama menjadi Piala Dunia U-20.

Sebelumnya ajang ini masih bernama FIFA World Youth Championshi dan berubah nama menjadi Piala Dunia U-20 mulai tahun 2007 di Kanada.

Dilansir bolalob.com, dalam delapan edisi terakhir, tak ada tuan rumah yang bisa menembus hingga babak semifinal.

Pada edisi tahun 2007 Kanada sebagain tuan rumah gagal lolos dari babak fase grup. Dimana Argentina kala itu yang diisi oleh pemain seperti Sergio Aguero dan Angel Di Maria keluar sebagai juara perdana ajang Piala Dunia U-20.

Sementara Mesir tuan rumah edisi 2009 lolos hingga babak 16 besar, usai takluk dari Kosta Rika.halaman 2 dari 3

Dua tahun berselang prestasi lebih baik didapat oleh tuan rumah Kolombia yang saat itu dibela oleh James Rodriguez. Kala itu mereka lolos hingga babak perempat final sebelum dikalahkan oleh Meksiko.

Nasib kurang beruntung juga dialami oleh Turki pada edisi tahun 2013, dimana mereka ditumbangkan oleh generasi emas Prancis di babak 16 besar.

Prancis saat itu dihuni oleh nama-nama seperti Geoffrey Kondogbia, Yaya Sanogo dan Paul Pogba yang pada akhirnya keluar sebagai juara.

Di edisi 2015 yang digelar di Selandia Baru, Serbia membuat kejutan usai keluar sebagai juara dengan mengalahkan tim unggulan Brasil. Sementara tuan rumah takluk dari Portugal di babak 16 besar.

Begitu juga dengan Korea Selatan yang hanya bisa lolos hingga babak 16 besar saat berhadapan dengan Portugal.

Polandia juga hanya bisa melaju hingga babak 16 besar saat menjadi tuan rumah di edisi tahun 2019 lalu, dimana mereka kalah dari Italia.

Tentu Indonesia harus bekerja ekstra keras untuk bisa menembus babak semi final seperti yang ditargetkan oleh PSSI kepada pelatih Shin Tae Yong.

Dengan usaha dan kerja keras serta dukungan suporter tuan rumah, bukan tak mungkin Indonesia bisa mewujudkan target itu.(RA)

 134 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: