SAMPAH 1,257 Ton Diangkut dari Laut dan Pesisir Tabanio, Ini Gerakan TNI AL Bersama Komponen Masyarakat

SuarIndonesia – Bersihkan laut dan pesisir barat pantai Tabanio, Kecamatan Takisung Kabupaten. Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, ini gerakan dilakukan TNI AL bersama komponen masyarakat, Rabu (7/9/2022).

Seluruh kegiatan tersebut  rangkaian memperingati sekaligus menyukseskan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-77 yang jatuh pada  10 September Tahun 2022.

Kegiatan Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, yakni karya bhakti program Laut bersih (Prolasih) yaitu “Gerakan Nasional Laut Bersih” Tahun 2022.

Itu dengan tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” Laut Bersih, Rakyat Sejahtera”.

Adapun sarana yang digunakan sekoci aret 3 unit, perahu klotok 9 unit dan peralatan tradisional lainnya.

Turut hadir Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus, unsur Forkopimda dan Kemaritiman, Masyarakat Pesisir, siswa Akademi Maritim Nusantara (Amnus) dan Pramuka Saka Bahari.

Sementara di tempat yang berbeda, kegiatan yang sama juga dilaksanakan oleh jajaran Posal (Pos TNI AL) Lanal Banjarmasin yang berada di wilayah Kalsel dan Kalteng.

Selanjutnya, dari hasil Prolasih berupa sampah-sampah batang kayu, plastik, botol minuman dan rumput – rumput dikumpulkan semuanya jadi satu dengan total berat 1,257 ton kemudian diangkut menggunakan 2 unit truck.

Secara bersamaan Prolasih tersebut dilaksanakan serentak diseluruh jajaran TNI AL melalui Video Conference yang terpusat di Dermaga Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M dihadiri pejabat utama dan lainnya.

Disaat kegiatan berlangsung, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla didampingi Perwira Stafnya menyampaikan, bahwa Prolasih merupakan karya bhakti TNI AL yang berkelanjutan oleh Lanal Banjarmasin.

Harapannya kawasan wisata di sekitaran pantai Tabanio menjadi lingkungan yang bersih dan nyaman akan terwujud, sehingga dapat dinikmati siapa saja masyarakat yang datang berkunjung. Khususnya untuk peningkatan serta daya saing pariwisata di Provinis Kalsel.

Perlu diketahui, Desa Tabanio ini merupakan daerah Maritim (Pesisir) binaan Lanal Banjarmasin yang akan diresmikan menjadi daerah percontohan yang maju dan berkembang yaitu KBN (Kampung Bahari Nusantara).

Merupakan progam yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu progam Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat luas.

“Tujuan dibentuk KBN salah satunya adalah untuk memberdayakan hasil potensi ekonomi yang dimilikinya supaya bisa dimanfaatkan secara optimal guna menambah kesejahteraannya sebagai perwujudan fungsi pembinaan potensi Maritim yang tangguh untuk pembinaan ketahanan pembangunan nasional,” ucap Danlanal.

Sementara Kepala Desa Tabanio, Madiansah mengucap apresiasinya atas Prolasih oleh Lanal Banjarmasin.

“Semoga apa – apa yang menjadi impian masyarakat Tabanio segera terwujud dan bangkit Lebih kuat serta sejahtera perekonomiannya dan bertambah maju kedepannya,” ujarnya. (YI)

.

 457 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!