Pohon Tumbang di Tengah Jalan A Yani, Lalin Macet Dua Jam

Pohon Tumbang di Tengah Jalan A Yani, Lalin Macet Dua Jam

Suarindonesia – Menyusul terjadinya hujan yang diiringi angin kencang sekitar tengah hari pukul 13.30 Wita, akhirnya berdampak tumbangkan salah satu pohon asam di Jalan A Yani Km 3 , tepatnya di depan kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin, Rabu (01/05/2019) sore.

Bahkan sepanjang Jalan A Yani lajur masuk kota jalan sempat macet total akibat pohon yang berusia 50 tahun lebih tumbang menutup marka jalan sehingga pengendara roda dua dan roda empat tak bisa lewat dan dampak macet tersebut baru normol setelah petugas dan aparat mengangkat pohon asam yang melintang lebar jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Drs H Mukhyar membenarkan, tumbangnya pohon akibat sudah tak kuat menahan terpaan angin.

“Memang kita lihat ada kropos di bagian batang bawah pohon asam jawa itu,” ucapnya.

Mukhyar menjelaskan, padahal sebelumnya DLH memang secara rutin sudah memantau keadaan pohon di Banjarmasin.”Tetapi kami masih belum mempunyai alat untuk mengukur kekuatan atau keroposnya suatu batang pohon,” terangnya.

Ia juga mengaku besyukur karena tidak ada korban dalam kejadian ini, tetapi sempat mengakibatkan kemacetan sebentar, setelah pohon yang tumbang dialihkan, arus lalu lintas berangsur–angsur kembali lancar.

Mukhyar megatakan, DLH memang lagi dalam rutinitas melakukan pemantauan dan pemangkasan pohon.”Rutin memang melakukan pemantauan, yang mana kita lihat harus dipangkas, ya dipangkas, dilihat dari skala prioritasnya. Tapi untuk sekarang masih untuk arah luar kota, belum ke dalam kota,” pungkasnya.(SU)

 313 kali dilihat,  5 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: