Memotivasi Mahasiswa dengan Berbagi Pengalaman

Memotivasi Mahasiswa dengan Berbagi Pengalaman

Suarindonesia – Forum Wartawan Ekonomi bekerjasama dengan Bank Kalsel, Pertamina dan Telkomsel menggelar kegiatan roadshow go to campus untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa sukses bekerja dan berwirausaha.

Kegiatan pertama digelar di Universitas Muhamadiyah Banjarmasin (UMB) dengan melibatkan kurang lebih 150 mahasiswa. Menghadirkan dua pembicara yaitu Ahmad Mardian Umar dari Bank Kalsel dan Aulia Abdi owner Rumah Makan Acan Raja Banjar dengan moderator M Adriani Yulizar MA Purek II UMB.

Aulia Abdi pengusaha muda yang sukses di bisnis sambal dan rumah makan ini mengaku, perlu semangat yang keras untuk menjadi pengusaha. Sebab pilihan menjadi pengusaha artinya tidak memiliki gaji bulanan layaknya pegawai kantoran.

“Saya memberanikan diri berhenti bekerja dan fokus mengembangkan usaha
sambal acan, dorongan dari dalam diri untuk bisa maju menjadi salah satu kunci sukses saya,” ucapnya.

Tak hanya itu, kreatif dan juga memanfaatkan media online juga bisa menjadi hal penting dalam mengembangkan usaha, karena sekarang ini sudah era milenial di mana orang sangat tergantung dengan namannya handpone dan media sosial.

“Yang penting jangan pantang menyerah, perbanyak jaringan dan tentunya jangan lupa sedekah sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT,” jelasnya yang kini sudah memiliki ratusan karyawan dari beberapa cabang rumah makannya di Kalsel.

Sedangkan Ahmad Mardian Umar dari Bank Kalsel lebih banyak memberikan tips-tips kepada mahasiswa yang ingin sukses berkarir di dunia perbankan, salah satunya adalah integritas dan jujur dalam bekerja.

“Kalau memang ingin memilih bekerja di perbankan, maka tentunya juga disiapkan sisi akademiknya, minimal memiliki IPK di atas 3. Ini penting karena syarat untuk melamar menjadi karyawan bank memiliki cacatan akademik yang bagus,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhamadiyah Banjarmasin Prof Dr H Ahmad Khairuddin mengaku UMB sangat mendukung kegiatan-kegiatan seminar seperti ini, apalagi dengan seminar ini mahasiswa bisa mendapat pencerahan apakah ingin berkerja atau berwirausaha.

“Seminar ini memberikan masukan yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk menentukan masa depannya sejak dini, tentunya ini juga menjadi nilai positif bagi UMB sebagai universitas baru di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Wartawan Ekonomi (PWE) Kalsel M Firdaus mengaku, PWE Kalsel berusaha untuk terus memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarkat, termasuk bagi generasi muda dalam menyiapkan diri menjadi pengusaha atau sukses bekerja.

“Di penghujung 2018 ini ada 2 tempat untuk road show PWE dan Bank Kalsel go to campus, yaitu di kampus Universitas Muhamadiyah Banjarmasin yang digelar hari ini dan di Universitas Lambung Mangkurat yang akan digelar 22 Desember 2018 mendatang,” imbuhnya.(SU)

 203 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: