MASIH TERPUTUS 2 Kilometer Akses Terminal Gambut Barakat

Bagikan :
MASIH TERPUTUS 2 Kilometer Akses Terminal Gambut Barakat

SuarIndonesia – Jalan akses Terminal Gambut Barakat (TGB) atau Km 17 masih terputus.

Dari 3 kilometer yang akan menjadi penghubung Jalan A. Yani dan Jalan Gubernur Subarjo, 2 kilometer di antaranya belum di aspal.

Kepala Balai Pengelola Transfortasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalimantan Selatan, Zulmardi, mengakui masih terdapat kendala, yaitu akses jalan.

Sejatinya jalan di depan TGB menghubungkan Jalan A. Yani dan Jalan Gubernur Subarjo.

Selain itu, akses tersebut juga disiapkan untuk koridor angkutan massal Terminal Km 17 – Pelabuhan Trisaksi. 3 objek vital transfortasi yaitu Bandara, Terminal, dan Pelabuhan sejatinya harus terhubung secara langsung.

“Jalan yang belum tembus sudah dijanjikan akan diperbaiki oleh pemerintah daerah. Jika jalan itu sudah diperbaikin maka akses keluar dab masuk TGB semakin mudah,” ujar Zulmardi.

Dikatakan Zulmadri, informasi terakhir yang didapatkan pihaknya pembangunan jalan sudah masuk perencanaan infrastruktur wilayah.

“Mudah-mudahan je depan jalan tersebut sudah tembus, sehingga posisi TGB di tengah-tengah dan sangat strategis sebagai penghubung ke Bandara Syamsudin Noor.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, M. Yasin Toyib, mengakui ruas jalan akses terminal tersebut aset Pemprov Kalsel.

Disebut Yasin, untuk menghubungkan Jalan A. Yani dan Jalan Gubernur Subarjo memerlukan pembangunan jalan sepanjang 3 kilometer.

“Sesuai perencaaan jalan yang akan dibangun panjangnya 3 kilometer,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Pemprov Kalsel sudah menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer dengan lebar 10 meter. 2 meter lainnya, menurut Yasin, belum bisa dibangun, sebab status lahan masih milik warga bukan milik pemerintah.

“Direncanakan lahan yang harus disiapkan lebarnya 20 meter. Memang agar diterima memjadi jalan nasional paling minimal lebar lahan 11 meter, terdiri 7 meter jalan dan 4 meter bahu jalan.

Akses terminal Gambut ini direncanakan lebarnya sama seperti Jalan Gubernur Syarkawi,” pungkasnya.(RW)

 118 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!