Dua Ormas Gelorakan Kebersihan Sungai

Dua Ormas Gelorakan Kebersihan Sungai

Suarindonesia – Menyikapi soal fenomena tahunan pampangan yang terjadi akibat tumpukan sampah di Sungai Martapura sepekan terakhir yang menimpa Kota Banjarmasin, beberapa ormas menggandeng Pemerintah Kota Banjarmasin untuk menggelorakan pentingnya menjaga kehidupan sungai.

Setidaknya terdapat dua ormas yang semangat menggaungkan pentingnya hidup bersih dari sampah adalah Forum Komunitas Hijau (FKH) bersama Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) yang melakukan orasi sambil memungut sampah di sepanjang Siring Piere Tendean.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan orasi hari ini sebagai bentuk persuasif mengajak masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan yang merupakan modal awal untuk hidup sehat.

“Ini kan hari minggu, ratusan bahkan ribuan warga Banjarmasin berkumpul di siring ini untuk menghabiskan akhir pekan mereka. Jadi saat yang tepat untuk menggelorakan pentingnya hidup bersih ini, kita pemerintah akan bertindak tegas jika setelah orasi nanti tetap masyarakat membuang sampah sembarangan,” ujar Ibnu Sina kepada awak media, Minggu (16/12).

Sementara aktivis Melingai Kota Banjarmasin, H Hasan Zainuddin menyampaikan orasi tersebut seiring dengan banyaknya sampah yang menumpuk menjadi pampangan. Maka perli upaya menyelamatkan Kota Banjarmasin dari sampah yang dibuang oleh tangan tak bertanggung jawab.

“Hidup sehat tanpa sampah, sampah merupakan sumber penyakit terlebih sampah yang ada di sungai. Karena sungai adalah nyawa dari kehidupan kita, tubuh kita perlu air setiap harinya yang berasal dari sungai ini,” ucapnya.

Di sisi lain Kabid Pengembangan Pariwisata Kota Banjarmasin Ir H Khuzaimi mengungkapkan sudah menyediakan 160 bak sampah di sepanjang Siring Piere Tendean untuk masyarakat agar dapat menggunakan sebagaimana mestinya.

“Kita sudah ajak diskusi, kemudian sudah bicara baik-baik agar baik yang jualan maupun pengunjung siring ini dapat sadar membuang sampah pada tempatnya. Bahkan ada 160 titik bak sampah sudah kami sediakan. Semoga dengan orasi hari ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan,” kata Khuzaimi.(SU)

 190 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: