DAPAT LAPTOP dan Chromebook 26 SD di Banjarmasin

DAPAT LAPTOP dan Chromebook 26 SD di Banjarmasin

SuarIndonesia – Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banjarmasin menerima bantuan berupa laptop dan chromebook. Total, ada sebanyak 537 unit yang dibagikan. Rinciannya, chromebook sebanyak 390 unit dan 147 unit laptop.

Untuk sementara, dibagikan kepada 26 sd di Kota Banjarmasin. Penyerahan bantuan tersebut digelar di lobi Balai Kota Banjarmasin sejarah pada Rabu (15/06/2022) siang.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang saat itu menyerahkan bantuan, berharap dengan adanya alat yang diberikan, sekolah tidak lagi terkendala sarana-prasarana teknologi pembelajaran.

Terutama untuk pola pembelajaran secara daring atau online.

“Chromebook dan laptop ini bisa digunakan untuk laboratorium maupun kelas pembelajaran yang sifatnya online. Jadi sekolah SD di Banjarmasin sudah memiliki sarana dan prasarananya,” ungkapnya.

“Upaya ini, juga bisa membantu mengatasi kekhawatiran kita tentang terjadinya lost learning pada siswa-siswi kita. Karena pada pandemi yang lalu, pembelajaran kita sangat tergantung pada online,” tambahnya.

“Karena berdasarkan riset dari kementerian, adanya pandemi ini menghasilkan generasi yang terjebak dalam kondisi lost learning,” lanjutnya.

“Banyaknya anak didik kita yang kehilangan momen pembelajaran. Sehingga berpengaruh dengan kualitas ilmu yang mereka dapat,” tutupnya.

Kepala Bidang Bina SD di Disdik Banjarmasin, Isnooredy menjelaskan masing-masing SD Negeri menerima 15 unit chromebook. Sedangkan jumlah laptop yang diterima, bervariasi.

Baca Juga :

DAK Sekolah Kalsel Mengalami Kenaikan Tahun Mendatang

“Ada yang menerima sebanyak 10 unit ada pula yang hanya 5 unit. Tergantung banyaknya murid di satu sd,” ucapnya, ketika diwawancarai usai penyerahan bantuan.

Dijelaskan Isnooredy pula, untuk pengadaan bantuan chromebook maupun laptop itu, bersumber dari dua pendanaan.

Pertama, dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kedua, dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Banjarmasin. Adapun total anggaran yang digelontorkan, sebanyak Rp4,2 miliar.

“Penyaluran bantuan dilakukan secara bertahap. Nantinya, akan dilanjutkan, hingga seluruh sd bisa mendapatkan bantuan. Total ada sebanyak 208 SDN di Kota Banjarmasin,” jelasnya.

“Sementara ini, yang umumnya mendapatkan bantuan adalah sekolah penggerak,” tambahnya.

Sementara itu. Kepala Sekolah SDN Seberang Mesjid 1, Nana Lestari mengaku bersyukur bisa mendapatkan bantuan berupa chromebook dan laptop itu.

Terlebih, lantaran sekolahnya adalah salah satu sekolah penggerak. Yang berarti, fasilitas sekolah harus sesuai untuk menunjang pendidikan berbasis digitalisasi.

Diungkapkan Nana pula, sebelumnya lantaran kekurangan sarana prasarana, pihaknya memang menemui kendala. Terutama dalam hal pembagian sesi ujian yang berbasis komputer.

Mengingat komputer hingga laptop di sekolahnya terbatas, pihaknya pun terpaksa memakai laptop guru bahkan meminjam dari alumni.

“Alhamdulillah saat itu masih bisa terlaksana. Meski harus dengan membagi siswa yang mengikuti ujian sebanyak tiga sesi,” jelasnya.

“Tapi dengan bantuan bantuan yang ada ini, mudah-mudahan bisa teratasi dengan maksimal. Paling tidak, bisa dikurangi menjadi dua sesi. Bayangkan. Kalau ujian sampai sore, yang kasihan anak-anak,” ucapnya.

“Bahkan kalau bisa, satu sesi selesai. Anak-anak pasti senang karena bisa istirahat dan pulang lebih awal,” tambahnya.

Lebih jauh, dengan adanya chromebook berikut laptop itu, dari segi penyampaian pembelajaran menurutnya juga akan berubah.

Tidak monoton lagi, seperti misalnya cara pembelajaran ceramah di depan kelas.

“Siswa pun akhirnya bisa lebih kreatif dan bisa lebih mudah mengeksplorasi pengetahuan. Semangat siswa pasti akan bertambah. Kalau semangat siswa tinggi, otomatis ilmu yang mereka serap akan lebih maksimal,” pungkasnya. (SU)

 73 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!