CUKUP BERBEKAL E-KTP, Sudah Bisa Bervaksin

CUKUP BERBEKAL E-KTP, Sudah Bisa Bervaksin

SuarIndonesia – Dinas Kesehatan Banjarmasin mulai memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum sejak 1 Juli yang lalu

Sasarannya adalah seluruh warga Kota Banjarmasin yang berusia 12 tahun ke atas. Termasuk juga warga luar daerah, namun menetap di Banjarmasin untuk bekerja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengklaim bahwa pihaknya sudah mengevaluasi kegiatan program vaksinasi Covid-19 untuk pelayanan publik dan lansia. Hasilnya untuk pelayanan publik sudah 100 persen lebih.

“Karena itu kita perluas sasarannya untuk masyarakat umum. Dan sudah dilaunching oleh Pak Wali Kota,” ucapnya, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (03/07/2021) siang.

Pria dengan sapaan Machli itu mengatakan, untuk mendapatkan layanan vaksinasi ini, warga cukup datang ke Puskesmas terdekat dengan membawa E-KTP. Termasuk para remaja, juga disarankan untuk datang ke pelayanan kesehatan pertama tersebut.

“Terkecuali yang sifatnya komunal atau berkelompok. Seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau panti-panti asuhan maka kita yang akan datang,” pungkasnya.

Machli juga mengimbau kepada warga Banjarmasin untuk bisa memanfaatkan layanan tersebut, untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di kota seribu sungai.

“Mumpung gratis. Karena mulai 1 Juli lalu juga vaksinasi berbayar sudah dimulai. Lumayan biayanya, satu kali vaksin Rp500 ribu,” tukas mantan Wadir Administrasi RSJ Sambang Lihum itu.

Lantas, berapa vaksin yang disediakan untuk vaksinasi masyarakat umum?

Terkait hal itu, Machli mengaku bahwa vaksin disediakan secara bertahap. Namun yang jelas, stok vaksin yang tersedia di Dinas Kesehatan sekarang sebanyak 656 vial.

“Kalau habis kita minta lagi. Apalagi Presiden sudah menginstruksikan 1 juta warga divaksin dalam sehari. Dan kita harus mendukung hal itu. Bahkan kita harus selangkah di depan dari kabupaten kota lain,” tandasnya. (SU)

 283 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: