BPK RI Bersiap Periksa Penggunaan Anggaran Covid-19

BPK RI Bersiap Periksa Penggunaan Anggaran Covid-19

SuarIndonesia – BPK RI perwakilan Kalsel dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan penggunaan anggaran penanganan covid-19.

Kepala BPK perwakilan Provinsi Kalsel, Syaefullah Tornando, menjelaskan pada semester II tahun ini BPK Provinsi Kalsel merencanakan untuk memeriksa pengelolaan dana penanggulangan covid-19.

“Seluruh daerah telah mengalihkan dana dari APBD untuk penanganan pandemi,” jelasnya.

Terkait pergeseran APBN/APBD sebagai hasil refocusing dan alokasi anggaran untuk penanganan covid-19, Tornanda mengatakan BPK akan memeriksa laporan keuangan dengan mempertimbangkan beberapa aspek.

“Di antaranya kesesuaian terhadap standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkap dia.

Sementara itu, Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, menyambut baik kehadiran BPK yang beberapa waktu ke depan melakukan pemeriksaan penggunaan anggaran covid-19.

“Pada kesempatan ini saya menginginkan SKPD Kalsel juga pemkab dan pemkot menyiapkan data yang jelas serta jujur dalam menghadapi pemeriksaan yang dilakukan BPK,” ujarnya di sela video conference (vidcon) bertajuk Entry Meeting Pemeriksaan Terinci Penanganan Pandemi Covid-19 di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (20/10/2020), dari kediaman pribadinya.(RW)

 346 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: