BI Sarankan HST Jangan Sampai Andalkan Pertambangan

BI Sarankan HST Jangan Sampai Andalkan Pertambangan

Suarindonesia – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyarankan agar masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mampu mengembangkan potensi sektor industri baru dan tidak bertumpu terhadap sektor pertambangan, Jumat (9/11/2018).

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Herawanto mengatakan bahwa pulau Kalimantan dianugerahi oleh Tuhan dengan kekayaan sumberdaya alam yang sangat luar biasa. Apalagi menurutnya, kekayaan sumberdaya alam di sektor pertambangan yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan merupakan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan.

“Batubara ini penyumbang ekonomi terbesar di Kalsel, tapi ini pasti habis dan tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus memikirkan beberapa sektor dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masa depan untuk Kalsel, khususnya Kabupaten HST. Tambahnya, terdapat tiga sektor industri baru yang dibidik oleh BI diantaranya industri pariwisata, perikanan dan agro industri.

“Daerah HST, kami pikir ketiga sektor itu masuk. Sedangkan, tinggal masyarakat dan dukungan Pemda aja lagi,” tegasnya.

Menurutnya, apabila semua sektor tersebut dimanfaatkan dengan baik, maka secara otomatis akan membantu pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Herawanto mencontohkan bahwa dalam sektor agro industri di sini ada pohon karet, industi perikanan ada perternakan ikan dan industri wisata maka ada Pegunungan Meratus yang begitu sangat potensial.
(BY)

 191 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: