Bandarmasih dan Intan Banjar Pilot Project Peningkatan SDM se Indonesia

Bandarmasih dan Intan Banjar Pilot Project Peningkatan SDM se Indonesia

Suarindonesia – PDAM Bandarmasih dan PDAM Intan Banjar kini menjadi pilot project Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia Bidang Air Minum Melalui Program Center of Excellence (CoE) se-Indonesia, di Ruang Pelatihan milik PDAM Bandarmasih, Kamis (1/11) siang.

Keberhasilan PDAM Bandarmasih dan Intan Banjar sebagai pilot pelatihan itu, berdasarkan penunjukan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Strategis.

Menurut Supervisor Pelatihan dan Pengembangan PDAM Bandarmasih, Ir H Jam Jam, PDAM Bandarmasih dipilih karena dianggap sudah cukup memenuhi standar soal pengelolaan air minum dan fasilitasnya.

Adapun kegitan tersebut dilaksanakan tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pada perusahaan air minum se Indonesia. Sebagai langkah awal, Kegiatan Bimbingan Teknis ini dihadiri perwakilan PDAM di Kalsel yang berjumlah 10 peserta terdiri tiga orang dari PDAM Bandarmasih, satu orang dari PDAM Tanah Laut, dua dari PDAM HST, dua PDAM Banjarbaru,dan dua dari PDAM Tabalong

“Pelatihan ini berjudul ‘Materi Sistim Informasi Geografis’ peserta dibimbing soal seperti pipa air minum, kehilangan air yang menggunakan sistim informasi. yang menjadi catatan. “Dari 10 peserta nanti akan diambil satu terbaik di mana nanti akan dijadikan trainer soal sistem informasi,” katanya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari sajak 29 Oktober 2018 lalu. Sementara untuk pelatihnya orang yang kompeten dibidang sistim informasi yakni pelatih dari Cirebon dan Pontianak. Adapun manfaat selain bisa meningkatkan SDM, manfaatnya juga untuk mendukung program pemerintah soal smart city.

Sedangkan Dirut PDAM Bandarmasih, Ir H Yudha Ahmadi, mengapreasiasi pelaksanaan karena program ini sangat baik sekali. Apalagi PDAM ditunjuk pilot projek soal acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini.

Zaman yang terus berubah ini harus disadari, masyarakat harus bisa mengimbanginya, maka dari itu PDAM terus meningkatkan SDM nya dan berbaur dengan teknologi. “Ini saya harap bisa berkelanjutan guna peningkatan SDM yang berhubungan dengan sistem Informasi geografis dan menyesuaikan zaman,” katanya.

Panitia Penyelenggara PT Cakrabuana Consultan Tulus Wahyudi mengatakan kegiatan bimbingan untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengembangan sistem penyedian air minun satuan kerja pengemban sistem penyeduab air minun stratagis.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan mulai 29 Oktober berakhir 1 November di PDAM Bandarmasih dengan materai bimbingan teknis peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang air minun melalui Program Center Of Excellence (COE) dengan materi Sistem Informasi Geografis.(SU)

 213 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: